22 Januari 2022

Dislautkan dan DPRD Kalsel Bagikan Bibit Kakap Putih dan Rumput Laut di Pesisir Tanbu

3 min read

TANAH BUMBU – Sebanyak 6.900 ekor benih ikan kakap putih beserta pakannya telah diserahkan jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) Kalsel bersama anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi di sejumlah desa di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu.

Penyerahan secara simbolis bibit rumput laut kepada kelompok pembudidaya Desa Pulau Burung, Tanbu.

Menurut Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi, dengan adanya bantuan yang diberikan Pemprov Kalsel kepada masyarakat untuk di budidayakan tentu diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan sebagai bentuk pemulihan atas dampak pandemi COVID-19.

“Langkah yang dilaksanakan Pemprov Kalsel ini kami nilai sangat positif kepada. Maka, disinilah hadirnya negara ketika warga nelayan di daerah pesisir baik katakanlah Tanbu dan Kotabaru sedang membutuhkan bantuan tentu dari inilah keberadaan pemerintah itu harus ada,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (27/11) petang, usai penyerahan bantuan sarana dan prasarana budidaya perikanan Tahun Anggaran (TA) 2021, di Desa Pulau Burung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu.

Anggota Komisi II DPRD Kalsel, M. Yani Helmi melakukan foto bersama jajaran Dislautkan Kalsel dan Pemdes Pulau Burung, Tanbu.

Tak hanya pakan dan benih ikan, pihaknya juga memberikan ratusan kilogram (kg) rumput laut kepada kelompok pembudidaya di Pulau Burung yang masih satu kabupaten dengan bumi Bersujud.

“Sebagai bagian dari dewan di provinsi tentu yang diharapkan adalah ekonomi kerakyatan kita kembali pulih, dan dengan adanya bantuan rumput laut ini kita menginginkan pengembangan budidaya di daerah pesisir yang potensial tersebut dapat di olah disini tinggal warga sekitar menjadi penyuplainya saja lagi. Sehingga, selain mampu memproduksi kita tidak usah lagi beli bibitnya di luar,” jelas Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar di DPRD Kalsel, M. Yani Helmi.

Sebagai mitra kerja, ia pun juga mengapresiasi kegiatan ini hingga mau ikut terjun ke lapangan untuk melakukan pembagian bibit kakap putih dan rumput laut.

“Saya sebagai anggota DPRD Kalsel dari Komisi II selain menghargai pelaksaan ini juga fungsi kontrol pemerintah benar tidak ada bantuan bibit kakap dan pembagian rumput laut yang sesuai dengan anggaran yang telah disediakan Pemprov,” ungkap anggota dewan membidangi ekonomi dan keuangan di DPRD Kalsel yang akrab disapa paman Yani itu.

Sementara itu, Kabid Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Dislautkan Kalsel, Wahdah menyebutkan, selain menyerahkan bibit kakap putih dan rumput laut, sebanyak 11 sak pakan ikan juga diberikan di sejumlah desa di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kalau dirincikan ada sekitar 500 kg rumput laut dan kami serahkan kepada kelompok pembudidaya di Desa Pulau Burung ini. Sedangkan bibit kakap yang jumlahnya juga mencapai enam ribu lebih beserta pakannya itu sudah diberikan di Desa Kersik Putih, Tanah Bumbu,” papar Wahdah.

Selain itu, Kepala Desa Pulau Burung, Saidina mengucapkan terima kasih atas bantuan serta apresiasinya dari Pemprov dan Komisi II DPRD Kalsel terhadap desa yang merupakan destinasi wisata andalan dari warga Kabupaten Tanah Bumbu.

“Semoga dengan adanya bantuan rumput laut yang diberikan kepada kami bisa berkembang dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini,” harapnya.

Untuk diketahui, warga yang tinggal di Desa Pulau Burung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu kini telah mencapai 98 kepala keluarga (KK) dari 300 jiwa dengan luas lahan 545 hektare. Selain ditumbuhi pohon mangrove, 200 hektarenya ditanami buah-buahan. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?