25 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pengurus APRI Kalsel Periode 2021-2026 Dilantik, Ini Harapan Gubernur Kalsel

2 min read

BANJARMASIN – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia (APRI), Gatot Sugiharto melantik Pengurus Wilayah APRI Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Periode 2021-2026 yang diketuai oleh Risdianto Haleng HB, Kamis (21/10).

Suasana Pelantikan Pengurus DPW APRI Kalsel Periode 2021-2026

Dalam sambutan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang dibacakan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Syariful Azhari, mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan Pengurus DPW APRI Kalsel. Ia berpesan agar momen ini dijadikan sebagai tugas dan amanah yang dipercayakan serta tanggungjawab, dedikasi, integrasi dan sikap profesionalisme.

“Pelantikan kepengurusan APRI Kalsel merupakan fase penting dalam pengelolaan pertambangan rakyat di Kalsel. Dengan demikian, diharapkan APRI Kalsel sebagai organisasi dapat ikut berperan dalam melakukan terobosan-terobosan, serta mendorong formalisasi dan legalisasi pertambangan rakyat,” ungkapnya.

Pemerintah Daerah, lanjut Gubernur, menyadari situasi dilematis sektor informal pertambangan rakyat ini yang perlu menjadi perhatian bersama. Apalagi jika dihadapkan kepada pertambangan ilegal yang jika tidak dikelola dan dilakukan pengawasan yang baik maka situasi ini akan menimbulkan permasalahan.

“Selain potensi tindak pidana, pertambangan ilegal juga berdampak kepada kesehatan, keselamatan kerja dan permasalahan lingkungan hidup,” ungkapnya.

Disisi lain, banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor informal ini. Untuk itu, Pemprov Kalsel menyambut baik komitmen APRI Kalsel yang ikut berinisiatif dalam mengawal dan mencari jalan keluar bagi usaha pertambangan rakyat ini.

Sementara itu, Ketua Umum DPP APRI, Gatot Sugiharto berpesan beberapa hal kepada Pengurus DPW APRI Kalsel agar dapat direalisasikan. Pertama, menciptakan lapangan kerja dari kegiatan tambang rakyat. Kedua, tambang rakyat diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dan ketiga, agar ada program rehabilitasi pasca tambang yang dilakukan.

“Tiga hal ini yang saya minta dan harapkan dapat direalisasikan dibawah kepengurusan APRI Kalsel yang baru dilantik,” ujarnya.

Sedangkan, Ketua Umum DPW APRI Kalsel, Risdianto Haleng HB menyampaikan ungkapan terimakasih kepada semua pihak sehingga pelantikan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Semoga keberadaan APRI Kalsel bisa membawa angin segar dan perubahan untuk penambang rakyat di wilayah Kalsel yang selama ini belum terorganisir,” harapnya.

Risdianto juga mengimbau kepada seluruh anggota untuk mengoptimalkan kinerja terutama akan dibentuknya kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) tingkat Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai dan kab balangan.

“Kami berharap APRI Kalsel juga mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Pemerintah Daerah, baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota,” pungkasnya.

Pelantikan Pengurus Wilayah APRI Kalsel tersebut turut dihadiri Gubernur Kalsel yang diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Syariful Azhari, Panit Ditreskrimum Polda Kalsel IPDA Andreas, dan Forkopimda lainnya. Acara dilanjutkan dengan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Tahun 2021 dengan tema “Tumbuh Berkembang Bersama Rakyat Indonesia Maju”. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.