19 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Rencana Usaha Pengerukan Pasir di Alur Sungai Barito Diharapkan Dapat Segera Terealisasi

1 min read

Anggota Komisi II DPRD Kalsel M Yani Helmi

BANJARMASIN – Untuk turut meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan mengharapkan program kerja PT Bangun Banua, yang salah satunya terkait rencana pengerukan pasir di alur Sungai Barito dapat segera terealisasi.

Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi menyampaikan berdasarkan informasi sementara, belum terealisasinya rencana usaha pengerukan pasir di alur Sungai Barito itu tersebut, disebabkan belum diperolehnya rekomendasi dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalsel selaku instansi yang berwenang tentang pertambangan.

“Jadi sampai terakhir kita konfirmasi dengan PT Bangun Banua, beberapa hari lalu, perkembangannya masih belum ada rekomendasi dari Dinas ESDM Kalsel,” jelas Wakil Rakyat yang akrab disapa Paman Yani ini kepada wartawan, di ruang kerjanya, Senin (30/8).

Padahal, lanjut Paman Yani, pihak Balai Sungai sudah memberikan “lampu hijau” bahwa ini boleh dilaksanakan. Disamping itu, untuk diketahui provinsi Kalteng sudah melakukan eksploitasi di alur Sungai Barito hingga sampai ke batas wilayah Kalimantan Selatan.

Oleh karena itu, Paman Yani mengharapkan agar PT Bangun Banua segera melakukan komunikasi ulang dengan Pemda untuk mendapatkan rekomendasi tersebut. Selain itu, dalam waktu dekat, Komisi membidangi ekonomi dan keuangan ini akan memanggil pihak-pihak terkait seperti Dinas ESDM Kalsel dan PT Bangun Banua serta Balai Sungai. Tujuannya untuk mempertanyakan sejauhmana perkembangan dari program yang sudah mulai dicanangkan pada tahun 2020 lalu tersebut.

“Dalam waktu dekat ini kita akan jadwalkan pertemuan untuk minta keterangan dari instansi dan dinas terkait untuk memastikannya,” tambahnya. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.