31 Januari 2023

Pansus III Optimis Raperda PPSMJ Dapat Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

2 min read

Suasana Kunker Pansus III DPRD Kalsel ke Kabupaten Batola dan Tala, Kamis (29/07)

BANJARMASIN – Ketua Panitia Khusus (Pansus) III DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Agus Mawardi optimis Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Sistem Manajemen Jalan (PPSMJ) dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Melalui raperda tersebut ke depan, Agus berharap jalan provinsi bisa menjadi konektivitas antar jalan nasional dan jalan kabupaten hingga desa.

“Sehingga sistem jaringan jalan provinsi ini betul-betul bisa kita laksanakan dan bisa bermanfaat bagi masyarakat, terlebih di sektor ekonomi,” ucap Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam rilisnya yang diterima Abdi Persada FM, Jum’at (30/07).

Berbagai upaya untuk menyempurnakan raperda tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Sistem Manajemen Jalan tersebut terus dilakukan, termasuk turun langsung ke beberapa ruas jalan provinsi di Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Tanah Laut yang didampingi langsung oleh pihak PUPR Provinsi Kalimantan Selatan pada Kamis (29/7).

Sementara Staf Ahli, Nurul Azkar yang juga turut mendampingi Pansus III dalam pemantauan di lapangan mengatakan konektifitas jalan ini akan memberi manfaat secara langsung dan tidak langsung.

“Kalau secara langsung, misalnya produk pertanian perdesaan akan mudah dipasarkan atau tenaga kerja perdesaan dapat bekerja di pusat-pusat kegiatan karena akses jalan mudah. Sedangkan secara tidak langsung hasil-hasil produk pertanian bisa dijual menjadi barang-barang makanan di daerah pertumbuhan. Kesemuanya itu akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat, ” jelasnya.

Dengan adanya akses jalan yang mudah ini, menurut Azkar, dapat mendorong desa-desa tertinggal untuk ikut bertumbuh.

Sejalan dengan pendapat Nurul Azkar, H. Agus Mawardi bersama pansus III akan terus memperdalam kajian, sehingga, ujarnya raperda tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Sistem Manajemen Jalan ini dapat menjadi payung baik untuk penyelenggara jalan mau pun juga bagi masyarakat.

Sedangkan Kabid Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan, M. Yasin Toyib mengatakan Dinas PUPR sebagai mitra kerja dari pansus III sangat mendukung dan siap mendampingi demi kelancaran produk dari pansus III ini. (HUMASDPRDKALSEL-NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.