19 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Rayakan Ultah ke-35, PT Bangun Banua Berkomitmen Tingkatkan Perekonomian Daerah

2 min read

Prosesi Pemotongan Tumpeng oleh Asisten II Sekdaprov Kalsel, Syaiful Azhari didampingi Plt Dirut PT Bangun Banua Kalsel, Bayu Budjang (baju sasirangan hijau).

BANJARMASIN – Perusahaan milik daerah Provinsi Kalimantan Selatan, PT Bangun Banua merayakan hari jadinya yang ke 35, Kamis (17/6). Prosesi syukuran digelar di kantor pihaknya, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Telaga Biru, Kecamatan Banjarmasin Barat.

Direktur Utama PT Bangun Banua Kalimantan Selatan, Bayu Budjang mengatakan, diusia yang ke-35 ini pihaknya terus berkomitmen untuk selalu melakukan ekspansi dalam berbagai bidang usaha.

“Saat ini telah banyak terobosan yang dilakukan, meski di tengah pandemi COVID-19 harus tetap kreatif dan inovatif. Kita juga telah melakukan MoU dengan Dirut Pertamina di Jakarta untuk keagenan LPG 3 kg di Kalsel. Dan ini juga untuk kepentingan masyarakat,” katanya kepada wartawan, usai prosesi syukuran.

Kedepannya, lanjut Bayu, untuk agen-agen LPG 3 kg juga akan melibatkan masyarakat dalam penyalurannya dan juga membentuk pangkalan-pangakalan LPG di daerah-daerah.

“Ini merupakan komitmen kami dengan BUMN Pertamina retail untuk meningkatkan perekonomian di daerah, khususnya di Kalsel. Di Indonesia hanya ada 4 Provinsi sebagai pilot project Pertamina Retail, yakni di Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Kalimantan Selatan,” jelasnya.

Bayu mengakui, pihaknya tak bisa lagi mengandalkan sektor perhotelan dan batu bara saja, harus ada inovasi lainnya, seperti menjajaki kerjasama dengan BUMD dari provinsi daerah lain

“Saat ini, ada enam perusahaan di bawah PT Bangun Banua yang bergerak mengembangkan bisnis. Setiap tahun, PT Bangun Banua selalu berkontribusi dengan memberikan PAD setiap tahunnya hampir 1 miliar rupiah. Kalau PT Ambapers hampir 50 miliar rupiah per tahun,” tambahnya.

Sementara itu, mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Kalimantan Selatan, Syaiful Azhari berharap di momentum ulang tahun ke-35 ini, PT Bangun Banua bisa lebih berkembang dan lebih berinovasi lagi terhadap usaha-usaha yang dijalankannya.

“Kontribusi PT Bangun Banua saat ini sangat signifikan sekali, karena dengan berbagai anak perusahaan yang dimiliki, seperti Ambapers dan Jamkrida selalu memberikan kontribusi yang besar terhadap pendapatan asli daerah (PAD),” ucapnya.

Selain itu, Syaiful juga mendoakan agar PT Bangun Banua bisa semakin sukses dan semakin melebarkan sayap bisnisnya, sehingga mampu menyumbangkan PAD yang besar bagi provinsi Kalsel.

“Mudah-mudahan dengan semakin banyaknya peluang usaha yang dimiliki, tentunya akan meningkatkan kontribusi PAD kepada Provinsi Kalimantan Selatan,” pungkasnya. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.