10 Mei 2021

Libur Idul Fitri Banjarbaru Ikuti Arahan Kapolri, Prokes Paling Utama

2 min read

BANJARBARU – Dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah, Rabu (5/5) pagi bertempat di Lapangan Upacara Polres Banjarbaru, telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Intan 2021.

Dalam apel kali ini, Wali Kota Banjarbaru M. Aditya Mufti Ariffin bertindak sebagai Inspektur Upacara, didampingi unsur pimpinan Forkopimda seperti Kapolres Kota Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso, Kejari Banjarbaru Andri Irawan dan Dandim 1006 Martapura Letkol Inf. Imam Muchtarom. 

Kepada Abdi Persada FM, usai acara Wali Kota Banjarbaru M. Aditya Mufti Ariffin menyampaikan gelaran apel ini untuk memastikan kesiapan seluruh personil menghadapi libur hari raya Idul Fitri tahun ini.

Wali Kota Banjarbaru, M Aditya Mufti Ariffin

“Apel ini untuk mengecek kesiapan para petugas, baik dari unsur pemerintah daerah, TNI POLRI dan seluruh instansi terkait,” jelas wali kota.

Selain itu, Aditya memastikan, Banjarbaru akan mengikuti arahan Kapolri dalam menghadapi libur idul fitri tahun ini.

“Seperti yang telah diamanatkan Kapolri bahwa, kita akan terus menghimbau kepada mayarakat untuk tidak menciptakan kerumunan, serta mengawasi objek-objek wisata dan pusat perbelanjaan agar selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19, seperti mengingatkan kapasitas pengunjung yang boleh ada dan lainnya,” urainya panjang lebar.

Sementara itu, Kapolres kota Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso menyampaikan, untuk kota Banjarbaru ada 3 pos pelayanan yang dilengkapi personil gabungan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso

“Kita menyiapkan 275 personil gabungan di 3 pos pelayanan ini. Namun ada pula yang stanby untuk mengantisipasi apabila terjadi kerumunan di beberapa objek wisata ataupun pusat-pusat perbelanjaan di kota ini,” jelas Kapolres.

Disampaikan AKBP Doni pula, walaupun kota Banjarbaru masuk dalam kategori aglimerasi bersama 4 kabupaten kota lainnya, namun masyarakat tetap menyiapkan kelengkapan surat dan identitas diri ketika melintas di kota Banjarbaru.

“Banjarbaru bersama kota Banjarmasin, Batola, Banjar dan Tanah Laut memang masuk dalam daerah aglomerasi. Itu artinya boleh melakukan mudik lokal di 5 daerah ini. Namun tetap penting dan utama adalah protokol kesehatan harus wajib dilakukan, contoh kecil saja memakai masker dan menjaga jarak dalam kendaraan atau menghindari kerumunan. Kita di Banjarbaru memang tidak diwajibkan menunjukkan surat keterangan swab atau PCR dan semacam itulah, namun penerapan protokol kesehatan COVID-19 ketika di luar rumah dalam 5 daerah aglomerasi itu penting dilakukan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Intan 2021 kali ini mengangkat tema ‘Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait, Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1442 H. (RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.