6 Mei 2021

Pemkab Banjar Akan Laksanakan Pilkades Pada 24 Mei

1 min read

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar Syahrialludin

BANJAR – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Banjar sempat tertunda beberapa kali akibat musibah yang menimpa Daerah ini, Pelaksanaan Pertama tertunda akibat adanya Pandemi Covid-19 yang dilanjutkan tertunda lagi akibat adanya musibah banjir yang melanda Kabupaten Banjar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar Syahrialludin menyampaikan, meskipun mengalami penundaan pada Pelaksanaan Pilkades, namun pihaknya akan kembali melaksanakan Pilkades pada tanggal 24 Mei 2021 mendatang.

“Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 140 desa dari 19 Kecamatan di Kabupaten Banjar sudah ditetapkan oleh Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Banjar. Yakni pada tanggal 24 Mei 2021 mendatang, pelaksanaan ini sebelumnya sempat tertunda beberapa kali akibat adanya musibah yang melanda Kabupaten Banjar yakni penyebaran pandemi COVID-19 dan bencana banjir,” ungkap Syahrialludin.

Syahrialludin menambahkan, tahapan Pilkades di Kabupaten Banjar sudah memasuki tahap pendaftaran pemilih. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banjar pun, telah rampung melaksanakan sosialisasi kepada panitia Pilkades Serentak Tahun 2021.

“Saat ini, tahapan Pilkades di Kabupaten Banjar sudah memasuki tahap pendaftaran pemilih, sosialisasi kepada panitia sudah selesai dan dirasa segala permasalahan-permasalahan pun sudah dianggap selesai. Selanjutnya tahap pendaftaran pemilih,” lanjut Syahrialludin.

Syahrialludin menambahkan, pada pelaksanaan Pilkades ditahun ini, pihaknya mengajukan kepada Pemda dengan menerapkan sistem e-Voting atau pencoblosan menggunakan sistem elektronik, namun pengajuan ini ditolak akibat sedikitnya waktu yang tersisa untuk pelaksanaan.

“Akibat terkendala waktu, sehingga Pilkades akan dilakukan pencoblosan secara manual. Namun sistem e-Voting direncanakan akan diterapkan dalam Pilkades Serentak Tahun 2022 mendatang,” lanjut Syahrialludin. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.