7 Mei 2021

Pandemi, RSUD Ansari Saleh Luncurkan Aplikasi “MAS ASEP”

1 min read

Suasana Peluncuran Aplikasi "MAS ASEP" oleh RSUD dr. H. Moch Ansari Saleh Banjarmasin

BANJARMASIN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin meluncurkan aplikasi Elektronik Resep (E-Resep) atau yang disebut “MAS ASEP” (Moch Ansari Saleh – Apotik System Elektronik Prescribing). Peluncuran aplikasi tersebut dilaksanakan di aula RSUD dr. H. Moch Ansari Saleh Banjarmasin pada Selasa (4/5).

Kepada wartawan, Direktur Umum RSUD dr. H. Moch Ansari Saleh, DR. dr. Izaak Zulkarnain Akbar, SP.OT.FICS mengatakan aplikasi “MAS ASEP” ini merupakan salah satu terobosan dimasa pandemi untuk menghindari penularan COVID-19 melalui kertas. Selain itu, juga bertujuan untuk mengurangi penumpukan keluarga pasien atau pasien yang antri mengambil obat di apotik.

“Jadi dokter menuliskan resep secara elektronik baik itu di Tap maupun PC di poli klinik yang langsung terhubung dengan apotik sehingga sebelum pasien menuju apotik, apotik sudah menyiapkan obatnya, sehingga mempercepat pelayanan pemberian obat, mengurangi kerumunan dimana ini merupakan poin yang penting dimasa pandemi,” katanya.

Sedangkan dari sisi manajemen, lanjut Izaak, dengan adanya resep elektronik ini dapat mengurangi kesalahan medikal (medical error).

“Seperti kita ketahui, banyak kejadian apoteker kesulitan membaca tulisan dokter di resep obat dan kadang-kadang membacanya itu mengartikan mencari obatnya tidak sesuai. Sehingga dengan adanya E-Resep, semuanya tertulis secara ketikan di komputer dan memudahkan untuk komunikasi, mengurangi kesalahan pembacaan resep dan memudahkan pihak RS untuk memantau apakah resep ini sudah sesuai atau tidak dengan kriteria,” jelasnya.

Selain peluncuran aplikasi E-Resep, juga dilakukan penyerahan penerbitan pertama buletin RSUD dr. H. Moch Ansari Saleh Banjarmasin. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.