6 Mei 2021

Terima DTH BNPB Untuk HST dan Banjar, Ini Harapan Safrizal

2 min read

Pj gubernur Kalsel (batik) saat menerima secara simbolis dana tunggu hunian pasca banjir dari BNPB pada Kamis (29/04)

BANJARBARU – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan Dana Tunggu Hunian (DTH) pasca banjir kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Penyerahan dilakukan oleh Tenaga Ahli BNPB Edison Simanjutak, kepada Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA, di ruang rapat PM Noor, Kantor Setda Prov Kalsel, Banjarbaru, pada Kamis (29/4).

Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA, dalam sambutannya  mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat di dua daerah, yakni kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Banjar.

“Semoga dana ini bermanfaat bagi korban banjir, sambil menunggu pembangunan rumah tapak. Entah nanti pemerintah yang membangunkan, atau mereka yang akan membangun, saya belum dapat gambaran soal itu. Saya inginnya, pembangunan ini selesai saat saya masih menjabat, sehingga saya tidak punya utang janji kepada korban banjir,” harapnya. 

Safrizal berharap, pembangunan hunian tetap dapat segera terlaksana, agar masyarakat tidak lagi menumpang atau mengontrak di tempat lain.

“Dana ini memang untuk tiga bulan, tapi saya harap untuk satu bulan saja. Itu berarti, dalam jangka waktu satu bulan ke depan, rumah tetap mereka sudah selesai dibangun,” ujarnya.

Tenaga Ahli BNPB Edison Simanjutak menyampaikan, bahwa DTH merupakan bantuan pemerintah pusat melalui BNPB, diberikan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir, yang rumahnya rusak berat.

Besaran bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdampak sebanyak Rp500 ribu perbulan per kepala keluarga selama periode 3 bulan. 

“Ini untuk tiga bulan pertama. Kita akan tambah lagi, jika dalam waktu tiga bulan rumah tetap masih belum selesai terbangun,” jelasnya kepada wartawan.

Adapun jumlah dana tunggu hunian yang diberikan BNPB kepada Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebesar Rp402 juta dan Kabupaten Banjar sebanyak Rp216 juta. (BIROADPIM-RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.