10 Mei 2021

DPRD Banjarmasin Bahas Revisi RTRW Untuk Penataan Kawasan Kumuh

1 min read

Ketua pansus revisi perda (RTRW) DPRD Kota Banjarmasin, Arupah Arif

BANJARMASIN – Panitia khusus (pansus) revisi peraturan daerah (Perda) rencana tata ruang wilayah (RTRW), akan menata kawasan kumuh.

Ketua pansus revisi perda RTRW DPRD Kota Banjarmasin Arupah Arif, kepada wartawan pada Kamis (29/4) mengatakan, saat ini penanganan kawasan kumuh haruslah mendapat perhatian khusus, salah satunya  penanganan pemukiman kumuh, terutama daerah pinggiran sungai, dalam bentuk payung hukum menata kota seribu sungai, agar lebih baik lagi hingga dua puluh tahun akan datang.

“Kami targetkan sebelum difinalisasi akan ditata kawasan perkumuhan,” ucapnya.

Politisi PPP Kota Banjarmasin ini menyampaikan, sebelumnya sesuai Surat Keputusan (SK) Walikota tahun 2015, luas kawasan kumuh yang masuk program Kotaku mencapai 549,7 hektare. Saat ini sudah tertangani sampai tahun 2019 seluas 500 hektare lebih, sehingga masih ada sisa sekitar 499,7 hektare.

“Kita akui memang tahun 2020 ini, Kota Banjarmasin tidak mendapat bantuan untuk program Kotaku dari pemerintah pusat, karena anggaran lebih banyak untuk penanganan pandemi COVID-19,” katanya.

Arupah berharap, dengan diselesaikannya revisi Perda ini, penanganan kawasan kumuh akan cepat direalisasikan melalui APBD kota Banjarmasin. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.