10 Mei 2021

Meski Pandemi, Masjid Al Ikhlas Banjarmasin Laksanakan Persantren Kilat

2 min read

Suasana kegiatan pesantran kilat Ramadhan

BANJARMASIN – Meski masih dalam suasana pandemi COVID-19, Masjid Al Ikhlas tetap melaksanakan pesantren kilat Ramadhan, dengan secara ketat menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Salah satu peserta Miliasari, kepada Abdi Persada FM pada Selasa (27/4) menyampaikan, Ia mengikuti kegiatan pesantren kilat Ramadhan sudah dua tahun, dan dengan banyaknya pemaparan narasumber, tentulah sangat penting untuk diketahui. Mulai dari bahaya narkoba, pergaulan bebas, hingga ilmu fikih.

“Saya senang adanya narsum dari BNN dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Banjarmasin, serta beberapa ustadzah, telah menyampaikan berbagai macam, pentingnya sejak dini dibekali akhlak yang bermartabat,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan, pembina remaja Masjid Al Ikhlas, Muhammad Taufik Darmawan. Menurutnya selama pesantren kilat Ramadhan, para santriwan dan santriwati diajarkan doa sehari hari, cerdas cermat, tadarrus, dan fikih, dengan harapan setelah selesai kegiatan, akan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami atur jadwal masuknya, mulai jam 07.30 WITA hingga jam 13.00 WITA, tempat duduk diatur berjarak, dan wajib memakai masker,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Masjid Al Ikhlas Hery Hidayat menyampaikan, di setiap pintu masuk, telah disediakan tempat mencuci tangan dengan sabun, dan juga masker ganti, serta dilarang para santriwan dan santriwati berkerumun. Selain itu dari ratusan peserta, dipilih 16 orang yang teladan, terdiri 6 santriwan dan 10 santriwati, dengan kategori penilaian kedisiplinan, aktif bertanya, dan kemampuan menyimak materi.

Penyerahan hadiah secara simbolis, peserta teladan dari Ketua Umum Masjid Al Ikhlas Hery Hidayat

“Semuanya kami atur ketat prokes, kemudian bagi peserta teladan, mendapatkan hadiah berupa peci, sarung, jilbab dan mukena, sedangkan peserta lain hanya memperoleh sertifikat. Namun jangan berkecil hati, bagi yang tidak terpilih teladan, karena sudah lebih baik untuk ikut kegiatan ini, insya Allah  tahun depan akan digelar kembali, persiapan diri lebih baik,” ucapnya panjang lebar.

Untuk diketahui, kegiatan pesantren kilat Ramadhan, berlokasi di Jalan Sungai Andai Komplek PWI RT 31 Kecamatan Banjarmasin Utara, berlangsung dari 13 – 27 April 2021. Dari 16 orang yang teladan, diantaranya Lidya, Salsabila, Lutfia, Haikal Zikri, Wafi Adhnan dan Rafa Saputra. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.