17 Mei 2021

Pemkab Banjar Siapkan Lahan Pemindahan Makam Terdampak Penataan Kawasan Sekumpul

1 min read

BANJAR – Pemerintah Kabupaten Banjar akan menyiapkan lahan untuk pemindahan sejumlah makam yang ada di Sekumpul Martapura, Kabupaten Banjar.

Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyie (sasirangan ungu)

Makam-makam tersebut termasuk dalam zona 1 penataan kawasan Sekumpul yang segera dilaksanakan. Puluhan makam akan dipindahkan ke Desa Tungkaran Kecamatan Martapura.

Didampingi Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah dan sejumlah pejabat terkait, Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyie, juga melihat langsung lokasi kawasan pemakaman di Desa Tungkaran yang akan dijadikan lokasi pemindahan. Ia menyampaikan, Penataan kawasan Sekumpul akan dimulai sebentar lagi. Yakni Pada awal penataan adalah zona 1 mulai Jalan Ahmad Yani hingga irigasi.

“Ada kurang lebih 50 an makam yang akan kita pindahkan ke pemakaman di Desa Tungkaran,” jelas Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyie.

Said Idrus berharap, proses pemindahan bisa berlangsung lancar, dan pada akhirnya penataan kawasan Sekumpul yang merupakan salah satu icon Kabupaten Banjar, bisa dilaksanakan sesuai dengan tujuan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar Muhammad Hilman mengatakan, bahwa penataan kawasan Sekumpul ini untuk memfasilitasi para peziarah ke makam Guru Sekumpul terutama pada saat Haul Guru Sekumpul dan akan menjadi ikon bagi Kalimantan Selatan.

“Pekerjaan penataan kawasan Sekumpul dimulai pada tahun 2021 sampai dengan tahun 2023. Perkiraan pendanaan sebesar Rp200 sampai dengan Rp250 miliar, pada tahap awal pekerjaan dimulai dari segmen 1 dari Jalan A Yani sampai dengan jembatan irigasi,” ucap Hilman. (HUMASKABBANJAR/MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.