7 Mei 2021

Baznas Banjarbaru : Tunaikan Zakat Dengan Gerakan Cinta Zakat

2 min read

Kegiatan Penyaluran Zakat oleh Baznas Kota Banjarbaru

Banjarbaru – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah merencanakan Gerakan Cinta Zakat yang akan diikuti pemerintah provinsi, kabupaten hingga kota.

Gerakan cinta zakat ini merupakan program yang telah di inisiasi langsung dari pusat oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Rencananya gerakan cinta zakat ini akan dimulai dari tingkat provinsi oleh Gubernur, hingga Kabupaten kota oleh bupati dan walikota. Hal ini bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat dengan memberikan teladan kepada masyarakat untuk mengeluarkan zakat.

“Ada 5 Program penyaluran Zakat yang telah dijalankan yakni, program peduli, program sejahtera, program cerdas, program takwa, serta program kesehatan yang merupakan program dari pusat, provinsi hingga seluruh kabupaten kota,” jelas Wakil Ketua III Bidang Penyaluran, Baznas Kota Banjarbaru, Bambang Hermanto usai kegiatan penyaluran zakat oleh Baznas di Mualaf Center Kalimantan Selatan Senin (19/4) siang.

Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan, Baznas Kota Banjarbaru, Hafidah (Kanan) dan Wakil Ketua III Bidang penyaluran, Baznas Kota Banjarbaru, Bambang Hermanto (Kiri)

Disampaikam Bambang, program ini sangat bergantung kepada para Muzakki (pemberi zakat) yang menitipkan zakatnya dan kemudian akan disalurkan melalui Baznas.

“Memang pada masa pandemi seperti ini telah didapat data mengenai peningkatan jumlah Mustahiq (penerima zakat). Ada yang biasanya tahun-tahun sebelumnya datang sebagai Muzakki, pada masa pandemi ini bisa saja datang ke Baznas sebagai Mustahiq,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I Bidang penyaluran Baznas Kota Banjarbaru, Hafidah juga menambahkan, dengan adanya inisiasi dari pusat mengenai gerakan cinta zakat ini, lalu diberikan contoh teladan melalui pimpinan yang mengeluarkan zakatnya melalui baznas, diharapkan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk turut mengeluarkan zakatnya melalui Baznas.

“Dengan jalannya gerakan cinta zakat ini harapannya akan semakin banyak muzakki-muzakki yang ingin menyalurkan zakatnya melalui baznas, agar turut mewujudkan dan mensukseskan program penyaluran zakat ini,” harapnya.

Hafidah menghimbau kepada masyarakat untuk berzakat dan berinfaq melalui Baznas sebagai badan amil zakat yang akan menyalurkan kepada yang berhak sesuai dengan 8 asnaf zakat. Yakni fakir, miskin, amil, mualaf, riqab (hamba sahaya), gharim (orang yang terlilit utang), fisabilillah, dan ibnu sabil (orang yang kehabisan uang saat sedang dalam perjalanan) secara transparan dan terarah dalam penyalurannya. (MZM/RDM/APR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.