17 Mei 2021

Pasar Murah TTIC Tetap Ada Hingga Menjelang Lebaran 2021

3 min read

Suasana pasar murah ramadhan di halaman TTIC di Dinas Ketahanan Pangan Kalsel.

Banjarbaru – Pasar murah Ramadhan yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan Kalimantan Selatan di halaman Toko Tani Indonesia Center (TTIC) dipastikan akan tetap berlangsung hingga menjelang lebaran Idul Fitri 1442 Hijirah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel Suparno mengatakan, selain fokus melaksanakan di lokasi kawasan TTIC pihaknya juga akan melaksana secara door to door di kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel, Suparno.

“Keterkaitannya dengan pasar murah, pelaksanaan ini sudah berjalan selama sebulan lalu sampai menjelang Idul Fitri 1442 H/2021 selain melaksanakan di TTIC juga menggelar di kabupaten/kota di Kalsel. Kami jemput bola kesana,” ujarnya kepada Abdi Persada FM, Rabu (14/4) kemarin.

Seiring adanya program door to door atau jemput bola, dirinya mengungkapkan, bakal melihat lagi kabupaten/kota mana saja yang siap dalam melaksanakan pasar murah ramadhan tersebut.

“Nanti kami lihat situasinya wilayah mana yang siap menggelar kegiatan ini, gitu kan,” ungkapnya.

Untuk memenuhi keperluan pangan masyarakat, dia menuturkan, selama Ramadhan hingga menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah pada 2021. Maka, 11 kebutuhan pokok dipastikan akan tetap terpenuhi dan tercukupi selama pasar murah berlangsung.

“Yang pastinya beras, bawang merah dan bawang putih. Kemudian, cabai besar, rawit, daging, telur, ayam, gula dan terakhir minyak goreng ini semua yang kami dijual di TTIC,” bebernya.

Dari 11 kebutuhan pokok, Suparno menyebutkan, ketersediaan gula pasir masih dititik belum mengkhawatirkan. Mengingat, stoknya pun masih tercukupi hingga April 2021.

“Gula pasir sampai bulan April 2021 cukup, stok di gudang Bulog masih tersedia,” imbuhnya.

Meskipun harus mengambil ketersediaanya dari provinsi lain, Ia mengemukakan, hal tersebut sebagai langkah atau upaya dalam menanggulangi kelangkaan stok dan lonjakan harga di pasaran.

“Sampai akhir April 2021 stok aman. Kemudian, distributor dan pedagang-pedagang besar, saya sampaikan cukup, tidak ada masalah,” katanya.

Terlebih, pada Mei mendatang, ia melanjutkan, ketersediaan gula pasir di Kalimantan Selatan dalam sepekan stok ini selalu masuk ke gudang penyimpanan (Bulog).

“Tujuannya adalah untuk memenuhi stok pada Mei mendatang sedangkan harganya pun stabil ya paling mahal Rp13.000 kalau di TTIC kami jual Rp11.000,” ucapnya.

Dia menyampaikan, hingga kini khusus bagi stok cadangan gula pasir di pergudangan Kalimantan Selatan masih dinyatakan aman.

 “Sekitar 1.000 ton lebih untuk sekarang ini ya, tapi minggu depan stoknya datang lagi prakiraan sekitar 400 sampai 500 ton lah,” paparnya.

Keterkaitan dengan stok cabai di Kalsel baik di pasaran maupun pembudidaya, ditegaskannya kini mencukupi. Bahkan, berlimpah alias surplus.

“Sekarang ada yang mulai panen, dan juga ada pasokannya dari Sulawesi dan pulau Jawa. Harga sudah turun ini,” tegasnya.

Untuk memastikan harganya, Ia merincikan, kalau cabai merah dengan jenis taji ini sudah mengalami penurunan harga dari kisaran antar Rp95.000 – Rp100.000.

“Kalau jenis kaya cabai cablak, tiung dan cabai yang lain dan biasanya mahal itu lombok (cabai) berwarna merah. Bahkan, dipasaran banyak berwana hijau karena petani sebenarnya lebih suka memanen berwarna seperti itu. Biasanya kalau sudah warna merah kadang-kadang bisa kena penyakit,” bebernya lagi.

Suasana transaksi pembayaran dari pembeli di pasar murah Ramadhan Dinas Ketahanan Pangan Kalsel.

Kendati demikian, agar dapat memaksimalkan program pasar murah ini terus berlanjut. Dirinya mengakui, harus ada aplikasi berbasis digital yang dapat lebih mempermudah pihaknya dalam merealisasikan pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Keinginannya seperti itu, ada antar jemput dengan sepeda motor. Karena ada kendala belum bisa terlaksana, tetapi, program door to door atau jemput bola dengan memaksimalkan tiga mobil TTIC dan hal ini terus kami laksanakan ke kabupaten/kota di Kalsel,” pungkasnya. (RHS/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.