10 Mei 2021

Badut Menjamur, DPRD Banjarmasin Minta Terbitkan Perwali

1 min read

Ketua Komisi I DPRD Kota Banjarmasin, Suyato, saat diwawancara awak media.

Banjarmasin – DPRD Kota Banjarmasin meminta kepada Pemerintah Kota, untuk mengeluarkan Peraturan Walikota (Perwali), terkait penertiban badut jalanan, yang mulai menjamur di kota seribu sungai.

Ketua Komisi I DPRD Kota Banjarmasin Suyato kepada wartawan belum lama tadi mengatakan, saat ini badut-badut jalanan mulai menjamur keberadaanya, di sejumlah ruas jalan Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, sehingga Pemerintah Kota, hendaklah segera melakukan penertiban berupa Perwali, sekaligus mengambil tindakan persuasif.

“Memang saat ini Walikota masih diisi penjabat, namun kalau nanti sudah ada Walikota definitif. Kami minta diterbitkan Perwali, agar tidak lagi bertambah badut-badut jalanan lain,” ucapnya.

Lebih lanjut Koh Awi (sapaan akrabnya) menyampaikan, dari hasil rapat pembahasan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota tahun anggaran 2020 bersama Satuan Polisi Pamong Praja Kota Banjarmasin. Satpol PP sudah maksimal melakukan penertiban, namun mengalami kesulitan, karena tidak ada payung hukum.

“Satpol PP pernah menertibkan, bahkan sempat melakukan penyitaan kostum badut, namun karena tidak ada aturan, terpaksa kostum badut yang sudah disita itu harus dikembalikan lagi,” katanya.

Suyato berharap, Pemerintah Kota Banjarmasin secepatnya merumuskan untuk Perwali, karena badut-badut jalanan ini tidak lagi berprofesi sebagai penghibur dengan berjoget, namun menjadi pengemis. Bahkan lebih miris lagi, dilakoni anak-anak masih dibawah umur, sehingga dinilai meresahkan masyarakat.

“Kita sangat prihatin, banyak anak-anak yang melakoni jadi badut, maka perlu ditangani secepatnya, jangan dibiarkan,” tutupnya.

Untuk diketahui, keberadaan badut jalanan di Kota Banjarmasin mulai muncul sejak tahun 2020, akibat pandemi COVID-19, seiring berjalan waktu, semakin hari semakin banyak badut-badut tersebut. (NHF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.