10 Mei 2021

Tanam Gemor, Pj Gubernur Kick Off Penanaman Serentak 1 Juta Pohon Di Kalsel

2 min read

Pj gubernur Kalsel (kiri) didampingi plt kadis kehutanan Kalsel (kanan) saat menanam pohon Gemor di Guntung Damar Banjarbaru Jum'at (09/04)

Banjarbaru – Kawasan hutan kota Guntung Damar kota Banjarbaru, menjadi saksi kembali digaungkannya program Revolusi Hijau di Kalimantan Selatan. Yakni ditandai dengan penanaman serentak 1 juta pohon, sekaligus kick off RHL (rehabilitasi) APBN. Pencanangan dimulainya kegiatan penanaman serentak 1 juta pohon ini, dilakukan langsung pj gubermur Kalsel Safrizal ZA, dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan penanaman pohon Gemor di lokasi, pada Jum’at (9/4). Turut hadir pada kegiatan ini, Dirjen Pengendalian DAS dan Rehabilitasi Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Ketua DPRD Kalsel, Pj Sekdaprov Kalsel, Wali Kota Banjarbaru, dan juga sejumlah kepala SKPD lingkup pemerintah provinsi, serta organisasi penggiat lingkungan.

Usai menanam, kepada wartawan Safrizal ZA mengatakan, keberhasilan program penanaman 1 juta pohon ini, tidak hanya mengandalkan unsur pemerintah saja, tetapi juga seluruh stakeholder termasuk masyarakat. Pencanangan kali ini hanya merupakan pemicu, yang diharapkan kedepannya tidak diperlukan lagi untuk menumbuhkan kecintaan menanam dikalangan masyarakat Banua.

“Keberhasilan program ini juga dapat dilihat dari tumbuh subur atau tidaknya pohon yang ditanam. Memang ada toleransi kegagalan, hingga 25 persen. Jika 75 persen dari jumlah pohon yang ditanam dapat tumbuh subur, itu berarti program sukses dilaksanakan. Namun jika hanya 25 persen yang tumbuh, maka patut dilakukan evaluasi terhadap program tersebut,” ujarnya.

Oleh karena itu, Safrizal meminta seluruh pihak yang terlibat dalam program penanaman pohon ini, untuk tidak begitu saja lepas dari tanggung jawabnya setelah menanam. Program harus dilanjutkan dengan pemeliharaan, untuk memastikan pohon tumbuh subur dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

Sementara itu, Dirjen Pengendalian DAS dan Rehabilitasi Hutan Kementerian LHK Helmi Basalamah memastikan, bahwa Kementrian LHK memberikan dukungan penuh terhadap program penanaman pohon di Kalsel. Yakni dengan menyediakan jutaan bibit pohon, secara gratis. Baik itu bibit pohon kayu biasa, ataupun bibit pohon buah-buahan.

“Kita siapkan bibitnya secara gratis. ABG, ambil bibit gratis. Hanya saja, untuk mengambil bibit pohon ini perlu atas nama kelompok atau komunitas, untuk memastikan siapa saja yang sudah meminta dan menanam pohon ini di Kalsel. Langkah ini untuk memudahkan pengawasan dan juga pendataan lahan mana saja yang sudah ditanami, serta tingkat keberhasilannya,” tutupnya.

Pj gubernur Kalsel (tiga dari kanan) berfoto bersama usai penanaman serentak 1 juta pohon pada Jum’at (09/04)

Pada kesempatan yang sama, plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel Fathimatuzzahra menjelaskan, penanaman serentak 1 juta pohon kali ini, juga menjadi bagian dari program RHL APBN. Dimana pada tahun ini, Kalsel dialokasikan mampu merehabilitasi 2.500 lahan, melalui program menanam. Untuk RHL APBN ini, Kementrian LHK menyiapkan hingga 3 juta lebih bibit pohon.

“Dengan bibit pohon yang disiapkan kementrian ini, maka target pj gubernur untuk menanam 1 juta pohon, optimis dapat tercapai. Namun tentu saja, seperti kata pj tadi, bahwa setelah penanaman, harus dibarengi dengan kegiatan pemeliharaan untuk memastikan bibit pohon yang ditanam tumbuh dengan baik,” jelasnya.

Data dinas kehutanan provinsi menyebutkan, tahun ini Kalsel menargetkan dapat menanam pohon di 32.000 hektar lahan diseluruh Kalsel. Penanaman serentak pada hari ini, hanya awal dari pemenuhan target tersebut. (RIW/RDM/APR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.