18 April 2021

DPRD Kalsel Dorong Pemprov Gali Sumber Pendapatan Daerah

1 min read

Suasana Rapat Pansus II LKPj 2020 Dengan Bakeuda Kalsel

Banjarmasin – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan melalui Panitia Khusus (Pansus) II Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Kalimantan Selatan Tahun Anggaran (TA) 2020 terus mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan agar menggali sumber pendapatan daerah.

Hal itu disampaikan Ketua Pansus II LKPj 2020, Muhammad Iqbal Yudianoor SE yang juga Sekretaris Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kalsel kepada wartawan, usai rapat kerja dengan Badan Aset dan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kalimantan Selatan, Rabu (7/4).

“Dalam upaya mencari sumber dan atau meningkat pendapatan daerah, kami akan mencoba melihat aset daerah/pemerintah provinsi (Pemprov), baik yang bergerak maupun tidak bergerak, yang belum termanfaatkan,” katanya.

Suasana Rapat Pansus II LKPj 2020 Dengan Bakeuda Kalsel

Iqbal mengungkapkan banyak tanah/lahan milik Pemprov Kalimantan Selatan yang belum termanfaatkan sebagai sumber pendapatan daerah, diantaranya tanah/lahan eks Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (Kapet) Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) yang luasnya 560 hektar.

“Kapet tersebut akan kita berdayakan sebagai sumber pendapatan daerah,” jelasnya.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Bakeuda Kalsel, Agus Dyan Nur menyatakan, pihaknya akan segera menginventarisasi kembali aset-aset Pemprov guna lebih memudahkan memberdayakan, terutama dalam kaitan sebagai sumber pendapatan daerah.

“Sebagai contoh lahan dan bangunan milik Pemprov Kalsel eks Giant di Banjarbaru sebagai salah satu potensi untuk pendapatan daerah,” katanya.

Namun Agus mengakui, pendapatan asli daerah (PAD) Kalimantan Selatan masih didominasi dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

“Tetap kita dengan bantuan pemikiran anggota Dewan terus berupaya mencari sumber-sumber baru untuk peningkatan PAD,” pungkasnya. (NRH/RDM/EPS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.