15 April 2021

BNPB Pusat Segera Salurkan Dana Stimulan Pasca Banjir Kalsel

1 min read

Kepala BPBD Provinsi Kalsel Mujiyat

BANJARBARU – Kabar gembira bagi warga Kalimantan Selatan yang mengalami musibah banjir beberapa bulan yang lalu. Dana Stimulan Pasca Banjir alan segera disalurkan BNPB Pusat untuk para korban. Hal ini disampikan Kepala BPBD Provinsi Kalsel Mujiyat, beberapa waktu lalu.

Disampaikan Mujiyat, dana stimulan korban banjir akan dikirimkan ke rekening perorangan bagi masyarakat yang terdata sebagai korban bencana. Pemerintah pusat melalui BNPB memberikan dana ini guna rehabilitasi dan rekonstruksi kerusakan rumah pasca banjir. Dengan rincian Rp50 juta untuk rusak berat, Rp25 juta untuk rusak sedang, dan Rp10 juta  untuk rusak ringan.

“Nantinya dana tersebut akan langsung dikirimkan ke rekening perorangan bagi masyarakat yang terdata sebagai korban bencana. Rencananya seperti itu, dari Deputi RR BNPB, bantuan dana itu akan dikirimkan langsung ke masyarakat,” ungkap Mujiyat.

Mujiyat menambahkan, saat terjadinya musibah banjir tercatat sebanyak 7.428 rumah yang diajukan untuk mendapat bantuan. Terdiri dari 611 rusak berat, 1.337 rusak sedang, dan 5.480 rusak ringan.

“Data ini diambil langsung dari Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman (Dinsperkim) Provinsi Kalsel yang telah melakukan Inventarisasi kerusakan rumah di Daerah ini,” tambah Mujiyat.

Mujiyat melanjutkan, Pemerintah Provinsi Kalsel akan membentuk pengawas untuk mengawasi penyaluran Dana Stimulan Pasca Banjir tersebut.

“Akan kami bentuk  Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) yang bersifat sebagai pengontrol atau pengawas dalam penyaluran Dana,” tutup Mujiyat.

Ditambahkan Mujiyat, masyarakat yang mengalami musibah banjir diminta untuk membuat surat pernyataan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas bantuan dana yang akan diberikan. (MRF/RDM/EPS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.