10 Mei 2021

Tala Terpilih Jadi Lokasi Proyek Pembangunan PLTB

1 min read

proyek PLTB di Kalsel

BANJARBARU – Kabupaten Tanah Laut (Tala) terpilih sebagai lokasi pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Anggaran yang dibutuhkan mencapai sekitar 2 triliun rupiah.

Kepala Bappeda Kalsel, Nurul Fajar Desira

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalimantan Selatan, Nurul Fajar Desira mengatakan realisasi kincir angin raksasa yang serupa dengan negara Belanda ini dipastikan akan memiliki daya kapasitas tegangan listrik sebesar 70 Megawatt (MW).

“Jadi, kalau itu terealisasi selain mendapatkan kapasitas 70 MW. Juga akan masuk investasi dari investor asing,” ujarnya kepada Abdi Persada FM, Senin (5/4) siang.

Dirinya menyebutkan, investasi pembangunan proyek kincir angin raksasa untuk Kalimantan Selatan itu, dalam perencanaannya Pemerintah Provinsi membutuhkan biaya sekitar 2 triliun rupiah.

“Mudah-mudahan dengan adanya anggaran ini akan menambahkan gerakan ekonomi kita di Kalsel,” ungkapnya.

Terkait investor, lanjut Fajar, sudah ada beberapa calon dari negara asing yang siap berinvestasi dalam proyek pembangunan PLTB ini.

“Ada kalau tidak salah, Perancis dan ada beberapa negara lainnya lagi dan data lengkapnya itu ada di Dinas ESDM Kalsel,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, pembangunan proyek PLTB dengan kapasitas 70 MW dipastikan berlokasi di Kabupaten Tanah Laut (Tala) dan telah berhasil dilakukan survey oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalimantan Selatan.

“Dari hasil survey yang telah dilakukan mereka. Ternyata lokasi tersebut cocok dibangun PLTB,” katanya.

Fajar melanjutkan, selama satu tahun penuh kondisi angin tentunya akan menjadi syarat sah sebagai tahap dalam realisasi pembangunan kincir angin raksasa ini.

“Kalau itu tahapannya sudah dilakukan dan ternyata hasilnya memang layak. Maka, mereka akan melaksanakan perencanaan pembangunan PLTB dengan kapasitas sebesar 70 MW,” pungkasnya. (RHS/RDM/EPS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.