17 Mei 2021

514 Kabupaten/kota Se Indonesia Siap Ikuti Pilkada Serentak 2024

2 min read

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri RI, Bahtiar saat memberikan sambutan dalam kegiatan program pelaksanaan Prioritas Nasional Bidang Politik dan Pemerintahan Umum, di gedung Idham Chalid, Banjarbaru, Kamis (1/4) siang.

BANJARBARU – Sebanyak 514 kabupaten/kota di 34 provinsi se Indonesia dipastikan akan mengikuti Pilkada serentak pada 2024 mendatang. Kemendagri RI juga mencatat akan menyediakan anggaran lebih dari 100 triliun rupiah dalam penyelenggaraan ini.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri RI, Bahtiar mengatakan untuk penyelenggaraan Pilkada serentak pada 2024 mendatang setidaknya pemerintah telah melakukan rapat terlebih dahulu terkait kesiapan pelaksanaan pemilihan bagi eksekutif dan legislatif baik ditingkat pusat maupun di daerah.

“Dalam sejarah politik Indonesia, pertama kalinya lagi sejak 1955 memilih pemimpin eksekutif maupun legislatif ditingkat pusat dan daerah secara serentak akan kembali dilaksanakan di 2024 mendatang,” ungkap Bahtiar dalam sambutannya pada kegiatan program pelaksanaan Prioritas Nasional Bidang Politik dan Pemerintahan Umum  Tahun Anggaran (TA) 2021, di gedung Idham Chalid Setdaprov Kalsel, di Banjarbaru – Kalimantan Selatan, Kamis (1/4) siang.

Dia menuturkan, tahun ini pemerintah juga harus menyiapkan anggaran penyelenggaraan Pilkada serentak 2024 agar pelaksanaannya bisa terealisasi meski penyetoran alokasi dilakukan secara bertahap.

“Mestinya tahun ini kita harus mulai bekerja. Pada 2022 mendatang, Juni – Agustus tahapan Pilkada serentak sudah dimulai,” ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan Prioritas Nasional Bidang Politik dan Pemerintahan Umum Tahun Anggaran (TA) 2021, di gedung Idham Chalid, Banjarbaru.

Kemudian, lanjut Bahtiar, untuk kesiapan tahapan Pilkada serentak di 514 kabupaten/kota di 34 provinsi se Indonesia termasuk Kalimantan Selatan dipastikan mulai berjalan pada 2023 mendatang.

“Anggarannya tahun ini harus mulai disiapkan. Kalau ditotalkan anggarannya lebih dari 100 triliun rupiah,” ucapnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA menjelaskan, untuk penyelenggaraan Pilkada serentak pada 2024 mendatang diharapkan mampu berjalan dengan baik dan kondusif.

“Mudah-mudahan negara kita diberikan perlindungan, petunjuk serta diharapkan menjadi kesatuan Repulik Indonesia yang damai, bahagia dan demokratis,” katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Kesbangpol Kalsel, Heriansyah memaparkan, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut terkait kesiapan keamanan serta kewaspadaan jelang Pilkada serentak pada 2024 mendatang.

“Kami sangat menyambut baik karena Kalsel dijadikan tuan rumah dalam kegiatan ini. Sehingga, tujuan yang diharapkan bisa berjalan dengan baik dan lancar,” jelasnya. (RHS/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.