17 Mei 2021

P2L Diharapkan Mampu Dorong Perekonomian Ditingkat Keluarga

2 min read

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan RI, Agung Hendriadi saat memantau Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Banjarbaru – Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang diinisiasi oleh Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) diharapkan mampu mendorong perekonomian ditingkat keluarga.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan RI, Agung Hendriadi mengatakan dengan mengandalkan pekarangan rumah sebagai sumber ketersediaan pangan, selain bersifat memenuhi kebutuhan secara individual, sekaligus juga bisa menjadi pendapatan keluarga.

Kepala BKP Kementan RI, Agung Hendriadi saat memantau hasil pangan P2L di Landasan Ulin Utara, Banjarbaru.

“Program P2L ini, kami mendorong ibu rumah tangga agar mampu memproduksi hasil pangan sendiri. Paling tidak untuk pribadi dan syukur-syukur bisa menjadi tambahan pendapatan,” ujarnya usai memantau lokasi P2L milik Kelompok Wanita Tani Sri Rejeky di Kelurahan Landasan Ulin Utara, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, Rabu (31/3) siang.

Meski lokasi yang dijadikan tempat P2L pernah mengalami bencana banjir. Namun, dirinya menuturkan, dengan bantuan seluruh stakeholder terkait program tersebut mampu terlaksana dengan baik dan maksimal.

“Sekarang sudah subur. Tanpa bantuan Wali Kota dan Kadis Ketahanan Pangan Kalsel dengan dukungan dari camat, lurah serta masyarakat program ini tidak akan berhasil,” ungkapnya.

Kepala BKP Kementan RI dengan Didampingi oleh Deputi III Kepresidenan RI bersama Pemko Banjarbaru memanen sayuran hasil program P2L, di Landasan Ulin Utara, Liang Anggang, Banjarbaru.

Ia mengungkapkan, terlaksananya program P2L itu telah didorong sepenuhnya melalui bantuan APBN dari Kementerian Pertanian.

“Bantuan ini langsung dari Kementan RI,” ucapnya.

Agung menyebutkan, bantuan tersebut berlangsung selama dua tahun secara berturut-turut. Dimana, tahun pertama adalah penumbuhan, tahun kedua pengembangan.

“Dan tahun ketiga, baru kami lepaskan untuk melaksanakan program P2L ini secara mandiri,” pungkasnya. (RHS/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.