10 Mei 2021

Jalan Tembus Rusak Parah, DPRD Banjarmasin Akan Kunjungi Balai Jalan

2 min read

suasana kunlap Komisi III DPRD Banjarmasin.

Banjarmasin – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banjarmasin, telah menjadwalkan kunjungan kerja ke kantor Direktorat Balai Besar Pelaksanaan Jalan Wilayah Kalimantan Selatan, terkait penanganan jalan Tembus Perumnas, Kayu Tangi Ujung, Kecamatan Banjarmasin Utara, yang rusak parah bahkan menyebabkan kemacetan panjang dan terjadi setiap hari.

Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Muhammad Isnaini kepada wartawan pada Senin (22/3) mengatakan, dari hasil rapat koordinasi dengar pendapat bersama empat SKPD dilingkup Pemerintah Kota yaitu Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Satuan polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarmasin. Pihaknya menjadwalkan kunjungan kerja ke kantor Direktorat Balai Besar Pelaksanaan Jalan Wilayah Kalimantan Selatan, agar persoalan rusaknya jalan itu dapat segera diperbaiki. Selain itu untuk menggali informasi waktu penyelesaian pembangunan Jembatan Alalak I serta meminta agar membuka akses jalan yang sudah bisa dilalui, karena selama ini untuk mengurangi arus lalu lintas, dalam proyek pengerjaan jembatan dialihkan ke jalan Tembus Perumnas, Kayu Tangi Ujung, Kecamatan Banjarmasin Utara.

“Kami agendakan Jumat (26/3) ke Direktorat Balai Besar Pelaksanaan Jalan Wilayah Kalsel,” ucapnya.

kondisi jalan macet.

Lebih lanjut Isnaini menyampaikan, dari hasil kunjungan kerja ke lapangan, Komisi tiga DPRD Banjarmasin pada Jumat (19/3), kondisi jalan memang memprihantikan akibat rusak parah pasca banjir pertengahan Januari 2021, bahkan telah menyebabkan kemacetan panjang serta sudah banyak kendaraan baik roda dua dan roda empat yang amblas, sehingga warga sekitar telah berinisiatif menutupi lobang jalan, dengan cara menanam pohon pisang di tumpukan pasir, agar masyarakat berhati hati untuk melintasinya.

“Kita ingin segera ditangani, karena kondisi kerusakannya sudah cukup parah, kalau dibiarkan berlarut-larut, akan semakin rusak,” pintanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin Fendie, setelah rapat menjelaskan, langkah pihaknya dalam waktu dekat ini untuk membatasi arus lalu lintas, rencananya akan dibangun portal di dekat jembatan Alalak II. Karena angkutan dengan tonase besar diduga menjadi penyebab rusaknya jalan tersebut.

“Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel, terkait akan mendirikan portal di bawah oprit jembatan Alalak II,” tutupnya.

Untuk diketahui pada Senin (22/3) Komisi III DPRD Banjarmasin, menggelar rapat di ruang mini, terkait koordinasi dengar pendapat, tentang penanganan Jalan Tembus Perumnas, Kayu Tangi Ujung Kecamatan Banjarmasin Utara, bersama empat SKPD dilingkup Pemerintah Kota Banjarmasin.

Koordinator rapat, Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Matnor Ali, dipimpin Ketua Komisi III Dewan Banjarmasin Muhammad Isnaini, dengan Sekretaris Aliansyah, bersama Anggota Sukrowardi, Hilyah Aulia, Rinda Herliani dan Wakhid Husaini, serta Wakil Ketua Komisi I DPRD Banjarmasin Mathari, dihadiri Plt Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Muryanta, Sekretaris Dinas Perhubungan, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, dan Satpol PP Kota Banjarmasin. (NHF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.