7 Mei 2021

BKOM Kalsel Gelar Layanan Kebugaran Jasmani di Dua SKPD Kalsel

2 min read

Suasana Layanan Kebugaran Jasmani oleh BKOM Provinsi Kalsel.

Banjarmasin – Guna meningkatkan kesehatan dan kebugaran Pegawai Negeri Sipil (PNS), Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelayanan Teknis (UPT) Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) mengadakan tes kebugaran di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan, Jum’at (19/3).

Kepala BKOM Kalimantan Selatan, Agus Moduto melalui petugas Dokter BKOM Nadiya Safitri mengatakan dalam kesempatan ini, pihaknya melakukan pemeriksaan tes kebugaran untuk karyawan-karyawati pada Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan dan Dispersip Kalimantan Selatan.

“Masing-masing SKPD akan diperiksa sekitar 35 orang,” katanya.

Nadiya menjelaskan tahapan pelaksanaan tes kebugaran meliputi pemeriksaan jantung paru atau jalan selama enam menit. Setelah itu dilanjutkan pemeriksaan komposisi tubuh seperti lemak dalam tubuh, tinggi badan, pemeriksaan lingkar perut, berat badan, tensi darah, kadar gula dan indeks masa tubuh apakah berat badannya ideal atau tidak.

“Jadi tes kebugaran ini berguna untuk mengetahui kekuatan jantung paru agar kita mengetahui karyawan-karyawati ini bugar atau tidak. Karena tingkat kebugaran itu berpengaruh terhadap kualitas kerja kita,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan, Muhammad Syarifuddin memberikan apresiasi terhadap kegiatan BKOM karena tes kebugaran ini sangat baik sekali bagi karyawan dan karyawati.

“Saya mengharapkan kalau bisa tes kebugaran yang diselenggarakan oleh BKOM dapat dilakukan 6 bulan sekali agar dapat mengetahui tingkat kebugaran karyawan. Karena kalau semuanya bugar maka bekerja akan baik dan sehat,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dispersip Kalimantan Selatan melalui Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan, Wildan Akhyar. Pihaknya menyambut baik layanan kebugaran jasmani oleh BKOM Kalimantan Selatan karena sangat membantu karyawan dan karyawati Dispersip Kalimantan Selatan dalam memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.

“Terlebih dimasa pandemi saat ini, kita kalau tetap bugar maka insya Allah kita dapat menjaga kesehatan dan memberikan pelayanan yang bagus kepada masyarakat, ” pungkasnya. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.