17 Mei 2021

Disbunnak Kalsel Pastikan Ketersediaan Daging Jelang Ramadhan, Aman

1 min read

Kadisbunnak Kalsel, Suparmi

BANJARBARU – Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan memastikan ketersediaan daging merah terutama sapi menjelang Ramadhan dan Lebaran di Kalsel aman.

Ilustrasi daging merah. Foto by internet

Kadisbunnak Kalsel Suparmi menyebut, masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan daging merah di Kalsel, mengingat berdasarkan hitung-hitungan masih surplus hingga akhir tahun.

“Dari hitungan sapi lokal, dan izin-izin yang masuk ke kami, insyaallah daging merah di Kalsel terpenuhi bahkan surplus,” ujarnya kepada Abdi Persada FM, melalui sambungan telepon akhir pekan ini.

Bersama pemerintah disampaikan Suparmi, langkah yang sama juga telah diambil oleh para pengusaha ternak yang telah meminta izin untuk memasukkan sapi dari luar Kalsel untuk memenuhi daging merah.

Suparmi menyampaikan, rata-rata kebutuhan daging sapi di Kalsel terus mengalami kenaikan setiap tahunnya sebesar 10 persen.

Meskipun tidak semua sapi yang didatangkan dari beberapa provinsi luar Kalsel seperti Jawa Timur, Nusa tenggara Timur, Nusa tenggara Barat, dan Bali ini dihabiskan di Kalsel, namun disampaikan Suparmi stok ini akan disalurkan ke Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Yang masuk melalui pintu Kalsel itu juga dipasarkan biasa dipasarkan di Kalteng,” sebutnya.

Adapun langkah antisipasi lainnya diungkapkan Suparmi, terkait ketersediaan daging ayam ras broiler. Yang mana pihaknya telah melakukan koordinasi dengan penyedia DOC seperti Binsar untuk melakukan langkah-langkah antisipasi.

“Karena dari hitung-hitungan kami, ada kekurangan daging putih. Memang cukup tapi minim,” ujarnya.

Selain itu daging ayam buras dikatakan Suparmi juga mengalami kekurangan, sehingga pihaknya mengambil langkah dengan mendatangkan dari Jawa Timur. (ASC/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.