10 Mei 2021

Wamen LHK Hadir di Kalsel, Ini Yang Disampaikan Plt Kadishut Kalsel

2 min read

Plt Kadishut Kalsel Fatimatuzzahra

BANJARBARU – Belum terpenuhinya kewajiban 41 pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) di Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam pelaksanaan rehabilitasi daerah aliran sungai (DAS) menjadi hal yang dikeluhkan oleh Dinas Kehutanan Kalsel kepada kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Informasi inipun disampaikan langsung oleh Plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel Fatimatuzzahra, saat mendampingi Wakil Menteri (Wamen) LHK, Alue Dohong, ketika berkunjung di Kalsel tepatnya di Desa Sungai Landas Kabupaten Banjar, Kamis (11/3).

“Kita informasikan, bahwa dari 41 pemegang IPPKH dengan luas 65 ribu hektar di Kalsel, yang terealisasi baru 29 ribu hektar. Karena tidak semua dari 41 pemegang IPPKH ini tertib melaksanakan kewajibannya sesuai yang diamanahkan dalam izin pinjam kawasan,” keluh Pejabat yang akrab disapa Aya ini.

Aya berharap, hadirnya Wamen LHK di Kalsel dapat memberikan efek positif bagi pembangunan sektor kehutanan serta peningkatan kualitas lingkungan hidup di Kalsel.

“Kami berharap hadirnya Wamen dapat membuat pemegang IPPKH yang saat ini belum melaksanakan kewajibannya untuk bisa diberikan teguran. Karena yang pertama itu memang kewajibannya. Kedua dia bisa ikut membangun kehutanan di Kalsel dalam hal peningkatan kualitas lingkungan hidup di Kalsel. Itu yang diharapkan,” bebernya.

Topik lain yang disampaikan kepada Wamen KLHK diakui Aya adalah tentang besarnya potensi Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata andalan Banua.

“Baik di Mandiangin Maupun Sungai Luar yang akan dikembangkan lebih luas lagi sebagai destinasi wisata unggulan di Kalsel,” ungkapnya.

Dengan pengembangan Tahura Sultan Adam kata Aya, maka dapat dilihat oleh masyarakat luas baik dari dalam maupun luar Kalsel tentang keseriusan Pemprov Kalsel dalam pelaksanaan program revolusi hijau.

“Dengan begitu kita juga bisa memperketat pelaksanaan penanaman yang memang harus dilaksanakan oleh IPPKH,” pungkasnya. (ASC/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.