7 Mei 2021

Masuki Usia ke-71, Satpol PP Diminta Tetap Kedepankan Tugas Secara Humanis

2 min read

Pj gubernur Kalsel (paling depan) saat memimpin peringatan HUT Satpol PP dan Linmas di Mahligai Pancasila Banjarmasin secara virtual

BANJARMASIN – Satuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat (Satpol PP dan Linmas) diharapkan tetap melaksanakan tugas kewenangan secara profesional dan humanis.

“Kita berharap Satpol PP lebih profesional, berkompeten, berintegritas, harus humanis dan  menghindari tindakan kekerasan,” papar Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA kepada wartawan, pada Rabu siang (03/03) usai mengikuti Peringatan HUT ke-71 Satpol PP dan Linmas di Mahligai Pancasila Banjarmasin, yang diikuti 13 kabupaten/kota secara virtual.

Satpol PP dalam struktur pemerintahan, termasuk urusan wajib dan layanan dasar, yang memiliki  standar layanan minimal dalam menjalankan tugasnya.

Pemerintah daerah memprioritaskan anggaran dalam rangka pencapaian  pelayanan standar minimal. Personil pun terus ditingkatkan sumber daya atau kemampuannya sehingga lebih andal.

Seruan peningkatan profesionalisme, integritas, dan tetap humanis juga disampaikan Menteri Dalam Negeri , Tito Karnavian melalui pidato  yang dibacakan Pj Gubernur Kalsel.

Mendagri mengingatkan anggota Satpol PP dan Linmas, tetap melaksanakan kewenangannya secara proporsional, menghindari sikap yang arogan serta tetap humanis saat berugas.

Satpol PP dan Sat Linmas memiliki tugas sebagai pengemban tugas kepolisian yang terbatas, khususnya dalam rangka penegakan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah di daerah masing-masing, memelihara keamanan serta ketertiban umum.

Demikian juga satuan Linmas memiliki tugas pengemban fungsi kepolisian dalam rangka menegakkan aturan-aturan, menjaga keamanan terutama dalam proses rangkaian pemilu dan pilkada.

Tema HUT Satpol PP dan Satlinmas tahun ini adalah ‘Kesiapsiagaan Satpol PP dan Satlinmas Dalam Upaya Membantu Pencegahan Pengendalian dan Pencegahan Penyebaran COVID-19 untuk Menuju Indonesia yang Sehat’.

Karenanya, jajaran Satpol PP dan Linmas juga diminta meningkatkan kesiapsiagaan dalam mendukung penertiban protokol kesehatan sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat agar tetap melakukan 5M, diantaranya mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan.

Di akhir acara, Safrizal berdialog dengan beberapa perwakilan Satpol PP dan Linmas di daerah, dan meminta kegiatan penerapan prokes setempat, termasuk data anggota yang terpapar COVID-19.

Dari Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, dan Kotabaru secara bergiliran memberikan tanggapan mereka, dan kegiatan penertiban prokes.

Di HSS bahkan mereka siap divaksin massal demi menjaga kekebalan tubuh atau imunitas untuk menangkal terserang COVID-19.

“Tetap menjaga diri, lindungi diri sesuai standar kesehatan, semoga anggota Satpol PP dan Linmas terus diberikan kesehatan,” harap pj gubernur. (BIROADPIM-RIW/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.