10 Mei 2021

180 Lansia di PSTW Budi Sejahtera Kalsel Siap Ikuti Progam Vaksinasi

2 min read

Ilustrasi : program vaksinasi COVID-19 bagi Lansia/Ist : Kemenkes RI

BANJARBARU – Sebanyak 180 orang lanjut usia (lansia) di Panti Sosial Tresna Wedha (PSTW) Budi Sejahtera Kalimantan Selatan telah didaftarkan ke Kemenkes RI sebagai calon penerima vaksin COVID-19.

Kepala PSTW Budi Sejahtera Kalsel, Surya Fujiannorrochim mengatakan meski belum mengetahui kapan kepastian pelaksanaan pemberian vaksin untuk lansianya itu dilaksanakan. Namun, upaya untuk bisa mendapatkan itu pihaknya telah menyurati Kemenkes RI melalui bantuan dari Dinas Sosial (Dinsos) Kalimantan Selatan.

Kepala Panti Sosial Tresna Wedha (PSTW) Budi Sejahtera Kalsel, Surya Fujiannorrochim.

“Kemarin, kami telah menyampaikan ke Kemenkes RI lewat Dinsos Kalsel untuk bisa mendapatkan jatah vaksin COVID-19,” ujarnya kepada Abdi Persada FM di ruang kerja Kepala PSTW Budi Sejahtera Kalsel, Jumat (26/2) siang.

Selanjutnya, Ia menuturkan, bahwa pengajuan daftar nama yang ada di Panti Sosial khusus menampung lansia tersebut dan diminta oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) untuk bisa mengikuti program vaksinasi dipastikan berjumlah 180 orang.

“Total seluruhnya ada 100 orang khusus di PSTW Banjarbaru dan sisanya ada di Martapura. Dimana, semuanya itu merupakan lansia yang dikelola oleh kami,” bebernya.

Surya menyebutkan, kendati hingga kini belum mendapatkan jadwal atau informasi secara pasti dan detail terkait program vaksinasi COVID-19 bagi lansia dilingkungannya. Akan tetapi, dia mengungkapkan pada akhir Februari 2021 nanti vaksinasi untuk tenaga medis (nakes) dipastikan bakal berakhir.

“Menurut informasi, bahwa pelaksanaan vaksinasi bagi lansia rencananya juga akan melibatkan guru tenaga pendidikan, dan kalau tidak salah Maret 2021,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, dia membeberkan agar tidak mendapatkan informasi simpang siur terkait pelaksanaan. Maka, langkah tepat, pihaknya masih tetap akan menunggu jadwal secara pasti dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ( Kemenkes RI).

“Kami sifatnya masih menunggu dan apabila ada informasi valid dari Kemenkes RI, otomatis, program vaksinasi akan dijalankan,” ucapnya.

Untuk diketahui, selain PSTW Budi Sejahtera Kalimantan Selatan yang dipastikan bakal diikutk sertakan dalam program vaksinasi COVID-19. Setidaknya ada puluhan ribu vaksin untuk lansia telah disediakan oleh pemerintah. Dimana, panti berstatus swasta pun juga tak lepas dari pelaksanaan massal ini. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.