17 Mei 2021

RSUD Ulin Banjarmasin Kini Buka Layanan Radiothrapi Cobalt 60

2 min read

BANJARMASIN – Warga di Provinsi Kalimantan Selatan yang menderita penyakit kanker saat ini, tidak perlu lagi jauh jauh, untuk mendapatkan layanan Radiothrapi Cobalt 60, karena saat ini di RSUD Ulin Banjarmasin telah memiliki layanan tersebut. Dengan, diresmikan pengunaan layanan Radiothrapi Cobalt 60 oleh Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA, di Instalasi Radiothrapi RSUD Ulin Banjarmasin, Kamis (25/2).

Peresmian layanan Radiothrapi Cobalt 60 RSUD Ulin Banjarmasin

Safrizal ZA mengatakan, dengan diresmikannya alat Radiothrapi Cobalt 60 ini, maka kini RSUD Ulin Banjarmasin dapat melayani warga untuk berobat menggunakan alat tersebut.

“Sehingga warga di Kalimantan Selatan tidak perlu lagi melakukan pengobatan Radiothrapi ke Pulau Jawa dan lainnya,” ucapnya.

Safrizal mengharapkan, alat tersebut dapat membantu warga di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah untuk mendapatkan kesembuhan dari penyakit kanker yang mereka derita.

Sementara itu, Direktur RSUD Ulin Banjarmasin Suciati menyampaikan, untuk pelayanan Radiothrapi yang baru saja diresmikan ini, merupakan rangkaian dari pengobatan kanker. Tidak cukup hanya di operasi saja, begitu juga di kemothrapi, tetapi juga ada proses selanjutnya, yaitu proses penyinaran.

Menurut Suci, sebelumnya di RSUD Ulin Banjarmasin pernah ada layanan Radiothrapi ini di tahun 2009 – 2015. Karena, masa luruhnya Cobalt telah berakhir, maka dilakukan pembersihan radiasi yang memakan waktu yang cukup lama.

Setelah bersih dan aman, maka di tahun 2021 ini, RSUD Ulin Banjarmasin kembali mengadakan fasilitas layanan Radiothrapi Cobalt 60.

“Kami berharap dengan adanya layanan Radiothrapi ini dapat membantu warga dalam pengobatan penyakit kanker,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Suci juga mengatakan, nilai investasi alat Radiothrapi Cobalt 60 mencapai Rp 37,9 miliar.

“Intuk investasi alat Radiothrapi ini mencapai Rp 37,9 miliar,” ungkapnya.

Dalam investasi tersebut, lanjut Suci, RSUD Ulin Banjarmasin berkerjasama dengan pijak ketiga.

“Meski investasi alat tersebut cukup besar, namun biaya pengobatan dengan Cobalt 60 ini gratis untuk pasien BPJS. Karena, RSUD Ulin Banjarmasin telah bekerjasama dengan pihak BPJS,” ucap Suci.

Untuk jumlah penderita kanker di Provinsi Kalimantan cukup banyak 2,4 persen.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar secepatnya memeriksakan diri sejak dini, jika ada keluhan sakit segaralah berobat ke rumah sakit, karena semakin cepat diketahui kesempatan sembuh semakin besar,” pungkas Suci. (SRI/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.