7 Mei 2021

Pulihkan Ekonomi, 5 RKP Jadi Skala Prioritas

2 min read

Rancangan Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2022 dalam memperkuat pemulihan ekonomi secara nasional.

BANJARBARU – Pemerintah sedang berupaya agar penguatan pemulihan ekonomi nasional pada 2022 bisa terealisasi. Dimana rencananya, ada lima proyeksi Rancangan Kerja Pemerintah (RKP) yang dipastikan bakal menjadi skala prioritas bagi 34 provinsi di Indonesia.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas RI, Suharso Monoarfa mengatakan, lima proyeksi tersebut merupakan langkah atau upaya dalam rangka memperkuat ekonomi secara nasional.

Menteri PPN/Bappenas RI, Suharso Monoarfa saat menyampaikan Rakertekrenbang Tahun 2021 secara virtual, di Command Center Setdaprov Kalsel, Kamis (25/2) siang.

“RKP ini diantaranya adalah kawasan industri, peningkatan peran UMKM, energi terbarukan, Food Estate dan 10 destinasi wisata. Bahkan, upaya ini merupakan amanat dari Presiden RI sebagai bentuk memperkuat ketahanan ekonomi untuk pemulihan,” paparnya kepada 34 provinsi di Indonesia yang mengikuti kegiatan Rakertekrenbang Tahun 2021 secara virtual dan diikuti pula oleh Pemprov Kalsel, di ruang Command Center (CC) Setdaprov Kalsel, Kamis (25/2) siang.

Ia mengungkapkan, apabila tahun 2022 dipastikan benar-benar berhasil merealisasikan penguatan pemulihan tersebut secara nasional. Maka, Bappenas RI memprediksikan bahwa pada 2037, indonesia akan masuk didalam era high economic atau ekonomi berdaya tinggi.

“Apabila 2022 – 2025 berhasil melaksanakan pemulihan dan 2035 dapat mencapai angka 7 persen. Otomatis, 2037 Indonesia telah masuk didalam high economic,” ungkapnya.

Terlebih, dengan berpindahnya Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia yang baru, Suharso berharap pertumbuhan ekonomi secara nasional mampu menyentuh kembali angka ideal, yakni mencapai sekitar 5 persen. Hal ini pula menandakan, indonesia telah berhasil bangkit dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19.

“RKP tahun 2022 ini, juga harus didukung dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap berdaya saing, serta memperkuat infrastruktur agar perkembangan ekonomi bisa kembali bangkit,” tutur Menteri PPN/Bappenas RI, Suharso Monoarfa kepada 34 kepala daerah ditingkat provinsi di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kalsel, Nurul Fajar Desira mengakui, bahwa tahun 2022 merupakan peluang besar untuk memperkuat pemulihan ekonomi di Kalimantan Selatan. Meski masih harus dibayangi oleh pandemi COVID-19.

Kepala Bappeda Kalsel, Nurul Fajar Desira.

“Meski kita vaksinasi di Kalsel dilakukan, tahun 2022 masih menjadi proyek penguatan dalam pemulihan ekonomi,” ucapnya.

Terkait peningkatan ekonomi bagi UMKM, dia mengutarakan, bahwa Pemprov Kalsel tengah berupaya untuk mengoptimalkan para pelaku untuk bisa melek di era digitalisasi.

“Pemulihan ekonomi, jelas pemerintah sedang berupaya memperkenalkan industri digital bagi pelaku UMKM di Kalsel dengan melatih mereka termasuk mengarahkan ke sektor pasar unikorn,” bebernya.

Fajar Desira menambahkan untuk destinasi wisata di Kalimantan Selatan, masyarakat kini telah memiliki sentral Geopark Meratus yang secara nasional telah resmi diakui. Bahkan, rencananya pada 2021 wisata berbasis alam ini akan diajukan ke Unesco Global Geoparks.

“Tahun ini pula, rencananya pengakuan statusnya tersebut dinaikkan menjadi internasional. Sasarannya adalah turis mancanegara dan lokal, bahkan, ini merupakan destinasi wisata yang dimiliki oleh Kalsel,” jelasnya.

Selain itu, Ia menyebutkan proyeksi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mekar Putih di Kotabaru juga telah mendapatkan apreasiasi dan restu oleh Menko Perekonomian RI. Bahkan, pemerintah rencananya akan melimpahkan kepada pihak swasta dalam mengelola industri bisnis ini. Namun, terlebih dahulu harus melalui persetujuan dari dewan KEK.

“Disana nanti ada Industri smelter (peleburan bijih logam), pergudangan, kawasan hilirisasi disektor hasil perikanan tangkap ekspor dan Kalsel dekat sekali dengan wilayah Food Estate (Kalteng). Maka dari itu kita akan jadi pintu gerbang IKN kedepan karena strategis tadi,” pungkasnya. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.