NewsProvinsi Kalsel

Kemensos RI Diharapkan Bantu Warga Terdampak Banjir di Kalsel

BANJARMASIN – Upaya pemulihan pascabanjir yang melanda sebagian besar kabupaten/kota di Kalimantan Selatan menjadi fokus Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Selatan.

Kunker Komisi IV DPRD Kalsel ke Kemensos RI di Jakarta

Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Selatan, Muhammad Lutfi Saifuddin menyampaikan bahwa pihaknya mencoba mengomunikasikan kepada pihak-pihak terkait mengenai kondisi pasca banjir yang masih serba kekurangan.

“Sehingga perlu langkah sigap dari pemerintah, baik pemerintah daerah dan pusat, agar kondisi tersebut dapat segera ditindaklanjuti guna kepentingan masyarakat,” katanya kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Lutfi mengungkapkan, berdasarkan laporan anggota DPRD Kalimantan Selatan yang terjun langsung ke sejumlah titik yang terendam banjir di 11 kabupaten/kota, banyak warga dipengungsian yang masih memerlukan bantuan dari pemerintah pusat.

“Kendati bencana banjir ini tak hanya melanda Kalimantan Selatan, namun bantuan dari Kemensos RI betul-betul kami harapkan,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan, M. Syaripuddin atau yang akrab disapa Bang Dhin, mengatakan bahwa bencana adalah tanggung jawab bersama, baik unsur pemerintah maupun legislatif dan kalangan lainnya.

Koordinasi yang baik antar pemangku kebijakan terkait kebencanaan, diakuinya harus terus terjalin, terutama dengan mengutamakan kepentingan masyarakat yang menjadi korban bencana alam.

“Agar proses penanganan kedepan bisa lebih baik lagi,” harapnya.

Diketahui, Komisi IV DPRD Kalimantan Selatan didampingi Dua Orang Wakil Ketua Dewan yaitu M. Syaripuddin dan Mariana serta perwakilan Dinas Sosial Provinsi melakukan konsultasi ke Kementerian Sosial di Jakarta, pada Kamis (10/2) lalu. Dalam pertemuan, rombongan Dewan disambut langsung Kasubdit Penanganan Korban Bencana Alam Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial RI, Heru Cahyono. (HUMASDPRDKALSEL-NRH/RDM/RHD)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat