10 Mei 2021

DPRD Banjarmasin Minta Satgas COVID-19 Utamakan Edukasi

1 min read

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Zainal Hakim, saat memberikan komentarnya pada awak media

BANJARMASIN – Kalangan legislatif meminta tim satuan tugas (satgas) COVID-19, lebih mengutamakan edukasi ke semua lapisan masyarakat.

Menurut Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Zainal Hakim, kepada wartawan pada Rabu (17/2), saat ini peran penting dari tim satgas hendaklah terus menerus memberikan edukasi dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) bagi semua lapisan masyarakat di Kota seribu sungai, bukan hanya sanksi.

“Kami ingin untuk penanggulangan dan penyebaran COVID-19, tim satgas lebih mengutamakan edukasi kepada warga,” ucapnya.

Zainal Hakim menilai, selama ini penerapan sanksi, baik sanksi sosial maupun sanksi administrasi, masih belum maksimal di lapangan, sehingga kalau dengan kesadaran sendiri dari masyarakat untuk menerapkan prokes, tentunya pandemi ini akan cepat melandai.

“Kita nilai dalam penerapan sanksi lebih efektif kalau warga memahami alasan ditetapkannya sebuah aturan,” katanya.

Lebih lanjut Hakim menyampaikan, dari hasil rapat dengar pendapat dengan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, pada Selasa siang (16/2) kemarin, ternyata akibat musibah banjir beberapa waktu lalu, yang melanda di Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, terjadi kenaikan COVID-19 secara signifikan hampir 220 kasus, dengan demikian melalui penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro, diharapkan akan mampu menurunkannya.

“Saya akui saat ke lapangan memberikan bantuan, banyak warga yang mengungsi,  pelaksanaan protokol kesehatan tidak optimal, seperti tidak memakai masker, bahkan bicarapun tidak lagi menjaga jarak lagi,” tutupnya.

Untuk diketahui, belum lama tadi dari lima Kecamatan, tiga Kecamatan mengalami banjir, yaitu Kecamatan Banjarmasin Timur, Banjarmasin Utara dan Banjarmasin Selatan.

Pemerintah Kota selanjutnya menerapkan PPKM berskala mikro, dimulai sejak 9 – 22 Februari mendatang. (NHF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.