10 Mei 2021

DPRD Banjarmasin Menilai, BPBD Belum Maksimal Tangani Banjir

2 min read

Suasana rapat di ruang Komisi IV DPRD Banjarmasin, dengan BPBD Kota Banjarmasin

BANJARMASIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin, menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, dan hasilnya, belum maksimalnya menangani banjir di kota ini.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjar­masin Noor Latifah kepada wartawan mengatakan, saat terjadinya banjir pada pertengahan Januari lalu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, belum maksimal menanganinya mulai dari segi pera­latan dan sumber daya manusia (SDM), sehingga hal itu menjadi bahan evaluasi kedepannya untuk pembenahan kinerja.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjar­masin, Noor Latifah

“Kami menilai anggaran di BPBD Kota Banjarmasin masih minim, dengan demikian tidak maksimal menangani persoalan musibah yang terjadi,” katanya.

Noor Latifah menyampaikan, saat terjadinya banjir di Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini, memang pengalaman pertama dan diluar perkiraan, karena biasa hanya terendam semata kaki dan itupun tidak sampai satu hari. Sedangkan sewaktu bencana itu terjadi dari lima Kecamatan, tiga Kecamatan mengalami terparah sebagian wilayah terendam 10 hari, bahkan ada beberapa daerah yang masih tergenang hingga berminggu-minggu.

“Kita sayangkan saat terjadi banjir, BPBD Banjarmasin tidak cepat berkoordinasi dengan pihak kecamatan, dan Kelurahan, terutama pemetaan, titik dan wilayah yang terkena banjir,” ucapnya.

Sementara itu Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Banjarmasin Budian Noor mengakui, saat terjadinya bencana banjir, memang tidak siap karena baru pertama kali. Mulai dari alat dan tenaga. Namun kedepannya akan diperbaiki untuk memberikan hasil secara maksimal.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Banjarmasin, Budian Noor

“Kami sempat kaget dengan bencana banjir, dan hingga saat inipun tetap terus melakukan pembenahan kinerja,” ujarnya.

Untuk diketahui, Komisi IV DPRD Kota Banjarmasi menggelar rapat dengar pendapat pada Selasa pagi (16/2) dengan BPBD setempat. Dipimpin Ketua Komisi IV Dewan Banjarmasin Noor Latifah. Rapat kemudian dilanjutkan dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan, dipimpin Wakil Ketua Komisi IV Dewan Banjarmasin Zainal Hakim dan Sekretaris Taufik Husin, bersama Anggota Amalia Handayani, Mira Farialni, Hari Kartono, Hendra, M Syaifullah dan Yunan Candra. Dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Totok Agus Daryanto, Kepala Dinas Kesehatan Machli Riyadi dan Plt kepala BPBD Budian Noor. (NHF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.