15 Mei 2021

PMI Banjarmasin Terus Mencari Pendonor Plasma Konvalesen

1 min read

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Banjarmasin, Aulia Ramadhan Supit, saat memberikan komentarnya pada awak media

BANJARMASIN – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin, terus mencari pendonor darah plasma konvalesen sebanyak-banyaknya untuk keperluan rumah sakit rujukan bagi pasein COVID-19.

Hal itu disampaikan Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Banjarmasin Aulia Ramadhan Supit, kepada wartawan pada Kamis (11/2). Menurutnya saat ini pihaknya sudah mampu mengumpulkan sebanyak 76 kantong darah plasma konvalesen untuk terapi kesembuhan bagi pasein positif COVID-19. Selain itu merasa terbantu dengan adanya gerakan Satgas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang melaksanakan Aksi Donor Nasional Terapi Plasma Konvalesen dari BUMN untuk Indonesia.

“Kami akui memang ada kendala di PMI Kota Banjarmasin, untuk penyimpanan darah plasma konvalesen, kalau jumlah yang banyak saat ini hanya disimpan di kullas yang untuk darah biasa. Sedangkan idealnya plasma itu disimpan di frezer minus 30 derajat, agar bisa tahan sampai 1 tahun dan bisa mensuplay ke seluruh daerah di Kalimantan,” katanya panjang lebar.

Aulia juga menjelaskan, saat ini PMI Kota Banjarmasin terus melakukan penyebaran proposal bantuan. Salah satunya diserahkan Satgas BUMN, sehingga sarana itu harus cepat ada, agar PMI Kota Banjarmasin bisa membantu daerah lainnya. Mengingat pendonor darah plasma konvalesen tidak mudah.

“Syaratnya yaitu orang yang sudah pernah terkonfirmasi positif COVID-19 dan sembuh, kemudian faktor usia, berat badan, dan tes HIV. Kita harus sangat teliti dalam semua tahapan itu, agar hasilnya berkualitas,” katanya.

Lebih lanjut Rama (sapaan akrabnya), menambahkan, saat ini UDD PMI Kota Banjarmasin, satu-satunya di Kalimantan yang sudah memproduksi plasma konvalesen, sedangkan di PMI Balikpapan, Kalimantan Timur baru menyiapkan. (NHF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.