17 Mei 2021

DPRD Kalsel Usulkan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur

2 min read

BANJARMASIN – DPRD Provinsi Kalimantan Selatan mengusulkan pemberhentian Gubernur Sahbirin Noor dan Wakil Gubernur Rudy Resnawan Masa Jabatan Tahun 2016 – 2021. Usul pemberhentian itu diumumkan oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Syaripuddin dalam rapat paripurna Dewan, Rabu (10/2).

Suasana Rapat Paripurna DPRD Kalsel

“Usul pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur tersebut berpedoman pada Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah yang mengamanatkan bahwa berakhirnya masa jabatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, usul pemberhentian diumumkan pada rapat paripurna Dewan,” katanya.

Syaripuddin menambahkan pengumuman ini untuk menjadi bahan proses dan mekanisme kepada Presiden Republik Indonesia melalui Menteri Dalam Negeri untuk mendapatkan pengesahan.

Sementara itu, dalam sambutannya, Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua, Wakil Ketua dan seluruh Anggota DPRD Kalsel yang terus memberikan dukungan dalam penyelenggaraan pemerintahan di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Selama hampir lima tahun ini, berbagai dinamika mewarnai hubungan Pemprov dan DPRD dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah. Dimana pihak legislatif dan eksekutif selalu berupaya dalam satu pemikiran, satu gagasan dan satu pandangan untuk membangun Kalsel yang mapan,” katanya.

Meskipun terkadang ada perbedaan pandangan terhadap kebijakan-kebijakan tertentu, namun menurut Paman Birin (sapaan akrabnya), semua dinamika itu bisa diselesaikan dengan musyawarah dan mufakat. Sehingga agenda-agenda pemerintahan daerah dan pelaksanaan pembangunan dapat berjalan tanpa banyak kendala dan hambatan.

Paman Birin menambahkan berbagai capaian keberhasilan memimpin Kalsel bersama Wakil Gubernur Rudy Resnawan antara lain Indeks Pembangunan Manusia Kalsel terus mengalami peningkatan, ketahanan pangan di daerah tetap terjaga, angka kemiskinan nomor dua terkecil di Indonesia setelah Provinsi Bali, laporan keuangan selalu meraih opini WTP dan SAKIP meraih nilai A.

“Masih banyak lagi keberhasilan kita dalam membangun daerah, yang dapat terwujud atas dukungan, sinergi dan kebersamaan dari DPRD Kalimantan Selatan, termasuk sinergi dan kebersamaan kita dalam melahirkan berbagai produk hukum,” jelasnya.

Sedangkan, Ketua DPRD Kalimantan Selatan, Supian HK memberikan apresiasi atas capaian keberhasilan kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur dalam kurun waktu lima tahun. (NRH/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.