15 Mei 2021

Bupati di Banjar Resmikan Pojok Baca Kitab Mudzakaroh dan Pojok Braile Qurratul Ain

2 min read

Peresmian Pojok Kitab dan Pojok Braile Dispersip Kab Banjar oleh Bupati Kabupaten Banjar Khalilurrahman

BANJAR – Bupati Kabupaten Banjar Khalilurrahman meresmikan Pojok Kitab dan Pojok Braile yang bertempat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar, Martapura, pada Kamis (11/2). Untuk Pojok Kitab dinamakan Mudzakaroh dan Pojok Braile dinamakan Qurratol A’in.

Turut hadir dalam peresmian ini, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Yasna Khairina, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Aidil Basith, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ikhwansyah serta pejabat SKPD lingkup Kabupaten Banjar.

Dalam sambutannya Bupati Kabupaten Banjar Khalilurrahman menyampaikan, dengan diresmikannya pojok baca kitab Mudzakaroh dan pojok Braile Qurratul Ain, maka dapat meningkatkan minat baca masyarakat tak terkecuali untuk masyarakat disabilitas netra.

“Alhamdulillah sekarang kita sudah mempunyai pojok baca untuk penyandang disabilitas netra, mudah-mudahan dapat bermanfaat kedepannya,” ungkap Khalilurrahman.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Yasna Khairina mengatakan, untuk pojok kitab yang baru diresmikan, telah disediakan kitab-kitab gundul untuk para santri yang ada di Kabupaten Banjar, dan untuk pojok baca braile disediakan buku-buku huruf braile untuk penyandang disabilitas netra.

“Mudah-mudahan kedepan kami bisa menyediakan bahan-bahan pustaka lebih banyak lagi sebagai sumber informasi bagi masyarakat,” ucap Yasna.

Ditambahkan Yasna, salah satu maksud tujuan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar melengkapi dan memfasilitasi adanya Pojok Kitab dan Pojok Braile, adalah latar belakang Kota Martapura yang juga sebagai kota santri.

“Sosialisasi kepada santri perihal keberadaan Pojok Kitab dan Pojok Braile telah dilakukan jauh hari kepada santri di Pondok Pesantren, terutama santri Ponpes Darussalam, juga termasuk program pembinaan Digitalisasi Perpustakaan bagi santri,” ucap Yasna.

Yasna menambahkan, pihaknya mengharapkan dari peresmian Pojok Kitab dan Pojok Braile, masyarakat lebih mengenal keberadaan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banjar, kemudian kebutuhan akan informasi dapat terpenuhi melalui Perpustakaan. Saat ini juga telah ada melalui aplikasi I Martapura, yang dapat diakses secara gratis dari manapun, sehingga makin banyak informasi yang dapat diketahui oleh masyarakat. (HUMAS.BANJAR/MRF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.