7 Mei 2021

Taman Budaya Kalsel Angkat Kesenian Topeng Banjar

1 min read

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti

BANJARMASIN – Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2021 ini, akan mengangkat kesenian topeng asli Banjar.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan Suharyanti kepada Abdi Persada FM belum lama tadi, rencananya dalam pagelaran pelestarian dan pembinaan seni budaya di tahun 2021 ini, kesenian  tradisi tersebut yang akan diangkat. Karena di provinsi lain sudah menampilkan Seni Topeng. Diantaranya Kota Bali – Denpasar, Kota Malang – Jawa Timur, Betawi – DKI Jakarta dan Kota Cirebon – Jawa Barat.

“Kami ingin memberikan pertunjukan seni yang lebih kreatif dan inovatif, melalui setiap penampilan baik di bidang seni, akan diawali dengan perkenalan topeng asli daerah,” ujarnya.

Suharyanti menyampaikan, saat ini pihaknya terus menjalin komunikasi dengan semua seniman, sehingga kedepan generasi muda mengetahui warisan budaya daerah, serta menjadikan karya seni semakin maju dan terus diapresiasi masyarakat luas.

“Kita nantinya mulai pameran, seni rupa, pergelaran tari, akan mengangkat topeng Banjar,” katanya.

Lebih lanjut Suharyanti menambahkan, di masa pandemi COVID-19 yang belum diketahui kepastian melandainya, rencananya pergelaran kesenian dibuat dengan terbatas, dan tetap ketat menerapkan protokol kesehatan, serta dilaksanakan secara virtual.

“Kami selenggarakan setiap pentas seni,  ditayangkan secara langsung melalui konten youtube Taman Budaya Kalsel,” tutupnya.

Seperti diketahui, sejak pandemi COVID-19 2020 lalu, Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar kegiatan pelestarian seni, namun secara ketat menerapkan protokol kesehatan (prokes), dan juga ditayangkan melalui konten youtube. (NHF/RDM/EPS)

1 thought on “Taman Budaya Kalsel Angkat Kesenian Topeng Banjar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.