10 Mei 2021

Soal Pelantikan Pejabat, Paman Birin: Pejabat Yang Amanah Bawa Kesejahteraan Bagi Rakyat

2 min read

Pelantikan Pj Sekdaprov dan pejabat tinggi Pratama Kalsel, Jum'at (5/2) oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

BANJARBARU – Berakhirnya masa jabatan Pj Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalsel serta belum rampungnya proses seleksi, membuat Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengambil langkah untuk memperpanjang jabatan Roy Rizali Anwar sebagai penjabat (Pj).

Berdasarkan aturan, jabatan Pj Sekdaprov hanya selama tiga bulan. Apabila masa itu habis, maka harus diperpanjang. Yang mana Roy sendiri tercatat sudah menjabat sebagai Pj Sekdaprov sejak 12 Oktober 2020 lalu.

Proses perpanjangan jabatan Pj Sekdaprov ini bersamaan dengan pelantikan empat Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Prov Kalsel di Gedung Idham Chalid, Jum’at (5/2).

Keempat pejabat tersebut yakni, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov Kalsel, Mujiyat yang dilantik secara definitif menjadi Kepala Pelaksana BPBD Kalsel. Kemudian Rusdi Hartono yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pelabuhan Perikanan Banjarmasin  diberi amanah sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel. Dua nama lainnya yakni Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Gusti Rahmad dilantik menjadi Kepala Biro Organisasi Setdaprov Kalsel. Serta, Wadir Pelayanan Medik RSUD Anshari Saleh Yudi Riswandi dilantik jadi Wadir Medik dan Keperawatan RSUD Ulin Banjarmasin.

Usai pelantikan, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengatakan, pelantikan pejabat baru merupakan bagian dari konsolidasi organisasi.

“Sebelumnya ada jabatan yang kosong, jadi kita isi. Tentu saja dengan aturan dan undang-undang yang berlaku,” katanya.

Dia berharap, para pejabat yang baru dilantik bisa melaksanakan tugas lebih maksimal atas tanggungjawab yang dibebankan untuk mereka.

“Setiap jabatan memang seharusnya dijalankan dengan komitmen dan tekat untuk memperbaiki amanah semaksimal mungkin,” harapnya.

Secara gamblang Paman Birin (sapaan akrabnya) menegaskan, apabila pejabat pemerintah mempunyai integritas yang tinggi dalam mengemban amanah, maka dipastikan dapat memberikan kemaslahatan bagi masyarakat.

Sementara itu, Roy Rizali Anwar mengaku bersyukur dirinya kembali diberi amanah sebagai Pj Sekdaprov Kalsel.

“Secara aturan, penjabat Sekda memang hanya menjabat tiga bulan dan bisa  diperpanjang satu kali. Karena ini sudah lewat tiga bulan, maka diperpanjang,” katanya.

Roy pun berujar, akan siap untuk menjalankan tugas sebagai Pj Sekdaprov Kalsel. Yakni, menjalankan pemerintahan serta ikut mempersiapkan Sekda definitif.

“Alhamdulillah proses seleksi sekda sudah pengumuman tiga besar,” ucapnya.

Dalam pengumuman Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalsel, Roy Rizali Anwar menjadi salah satu kandidat yang masuk tiga besar. Bersama Sekda Tanah Laut, Dahnial Kifli dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kalsel, Husnul Khatimah.

Roy mengungkapkan, tiga nama yang lolos seleksi Sekdaprov Kalsel selanjutnya akan dievaluasi oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Setelah itu dipilih salah satu oleh Gubernur untuk diusulkan ke Presiden RI melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Semoga tidak sampai satu bulan tahapan ini selesai. Sehingga sudah ada penetapan Sekda definitif sebelum masa perpanjangan Pj Sekda berakhir,” ucapnya.

Disisi lain, dalam pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Prov Kalsel, Mujiyat mengaku bersyukur dirinya dipercaya menjadi Kepala Pelaksana BPBD Kalsel. Setelah sebelumnya menduduki jabatan ini sebagai Pelaksana tugas (Plt).

“Dengan jabatan baru ini, kita harus bekerja lebih baik, dan semakin meningkatkan semangat kita agar tidak mengecewakan rakyat,” ucapnya. (ASC/RDM/EPS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.