10 Mei 2021

DPRD Banjarmasin Ingin Normalisasi Sungai Dan Drainase Segera Terealisasi

1 min read

Anggota Komisi I DPRD Kota Banjarmasin, Deddy Sophian.

BANJARMASIN – Kalangan legislatif menginginkan normalisasi sungai dan drainase, harus segera direalisasikan.

Menurut Anggota Komisi I DPRD Kota Banjarmasin Deddy Sophian kepada wartawan pada Rabu (3/2), kondisi sekarang ini sangat penting dilakukan normalisasi sungai dan drainase, untuk penanganan genangan air. Dari hasil kunjungan dirinya ke lapangan, ditemukan beberapa drainase masih tersumbat, sehingga perl ditangani secepatnya.

“Kami menilai, salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya genangan air cukup lama setelah banjir, adanya aliran drainase tersumbat,” ucapnya.

Deddy menginginkan, langkah saat ini secepatnya mengatasi genangan air yang lambat surut itu dengan cara manual yaitu memakai mesin pompa air, agar air tidak lagi naik, baik di jalan lingkungan, pemukiman warga hingga jalan raya.

“Kita ingin Pemerintah segera melakukan normalisasi sungai dan drainase,” katanya.

Politisi PKB DPRD Kota Banjarmasin ini juga menambahkan, kedepan Pemerintah Kota harus membangun drainase lebih dalam lagi, agar tersambung langsung ke sungai Martapura. Jadi, meski hujan mengguyur dengan intensitas tinggi atau adanya air sungai kiriman, dan naiknya debit air sungai, otomatis tidak terulang kembali kejadian serupa dikemudian hari.

“Kita lihat saat kunlap, beberapa wilayah saat ini, masih mengalami genangan air dari semata kaki bahkan selutut. Na yang seperti ini tidak akan terjadi lagi nanti,” tutupnya.

Untuk diketahui, dari tiga kecamatan yang terparah akibat banjir yang terjadi Kamis 14 Januari lalu yaitu Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kecamatan Banjarmasin Timur dan Kecamatan Banjarmasin Utara. Dan hingga saat ini, di beberapa wilayah masih terjadi genangan air. (NHF/RDM/EPS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.