8 Maret 2021

Akibat Banjir Di Banjarmasin, 1.300 Rumah Rusak.

2 min read

Pendataan kerusakan rumah.

BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin telah mengumumkan secara resmi data kerusakan rumah akibat banjir, yang melanda kota ini.

Plt Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarmasin Yusna Irawan menyampaikan, Pemerintah Kota Banjarmasin baru saja rapat bersama dngan BNPB Pusat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, mengenai penanganan pasca banjir di daerah ini termasuk di kota Banjarmasin.

“Pada rapat tersebut Pemerintah Kota Banjarmasin menyampaikan, memperpanjang masa tanggap darurat penanganan banjir hingga 1 minggu kedepan,” ucapnya.

Pada saat ini disebut dengan fase pemulihan dini, difase ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan, yaitu pemulihan dini, ini merupakan rencana perbaikan rekontruksi, dan lainnya.

Yusna mengatakan, pada rapat tersebut BNPB juga meminta data kerusakan rumah korban banjir di Kota Banjarmasin.

“Berdasarkan data yang Pemerintah Kota Banjarmasin terima dari pihak kecamatan, saat ini tercatat sebanyak 1.300 rumah yang rusak, akibat banjir di Kota Banjarmasin,” ungkapnya.

Data rumah yang rusak ini, lanjut Yusna, telah mereka serahkan kepada Dinas PUPR Kota Banjarmasin, untuk dilakukan verifikasi.

“Kemudian Dinas PUPR Kota Banjarmasin menyerahkan data tersebut kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, serta Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan,” tutur Yusna.

Menurut Yusna, data rumah yang rusak tersebut nantinya akan diverifikasi oleh pihak BNPB. Rumah mana saja yang akan mendapatkan bantuan, sesuai dengan kategori yang telah ditetapkan, oleh BNPB.

Untuk diketahui, rapat Video Conference yang disaksikan melalui Comment Center (BCC) Banjarmasin pada Rabu (3/2) tersebut dihadiri BNPB Pusat, BPBD Kalsel dan dari Pemerintah Provinsi Kalsel. Sedangkan, dari Pemerintah Kota Banjarmasin diwakili Pj Sekda Kota Banjarmasin Mukhyar, Plt Diskominfotik Kota Banjarmasin Yusna Irawan, serta Kepada BPDB Kota Banjarmasin. (SRI/RDM/EPS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.