15 Mei 2021

Desa Sungai Dua Kanuar Tanbu, Belum Dapatkan Pendidikan Secara Merata

3 min read

Warga Desa Sungai Dua (Kanuar), Hamdani (kiri) saat menyampaikan aspirasi usai mengikuti reses anggota Komisi II DPRD Kalsel, M. Yani Helmi.

Tanah Bumbu – Warga Desa Sungai Sungai Dua (Kanuar), Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu mengharapkan ada sekolah khusus penyetaraan untuk tingkat SMP dan SMA di wilayahnya. Selain mayoritas telah banyak memiliki pengalaman kerja, hal tersebut diinginkan pula agar masyarakat yang bermukim di wilayah tersebut bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan.

Warga Desa Sungai Dua (Kanuar) Hamdani memaparkan meskipun warga yang tinggal di wilayahnya itu diyakini telah memiliki pengalaman kerja. Namun, pada kenyataannya penghalang mereka untuk bekerja yakni ditingkat pendidikan.

Suasana penyampaian aspirasi dalam reses anggota Komisi II DPRD Kalsel, M. Yani Helmi di Desa Sungai Dua (Kanuar), Senin (1/2) siang.

“Kalau pengalaman mereka punya, tapi kendala saat ini adalah pendidikan yang selesai hanya sampai tingkat SD, maka setidaknya ada sekolah khusus untuk bisa mempermudah mereka dalam mendapatkan pekerjaan,” ungkapnya, usai mengikuti reses anggota DPRD Kalsel, M. Yani Helmi, Senin (1/2) siang.

Hingga kini, lanjut Hamdani, untuk memperlancar agar pekerjaan yang diinginkan warga tersebut bisa terealisasi, setidaknya minimal ada sekolah khusus seperti paket B dan C di desa yang ditinggali masyarakatnya itu.

“Memang terkait pendaftaran pekerjaan hingga kini kendalanya adalah pendidikan,” ungkapnya.

Bahkan, Ia menuturkan sebagian besar masyarakat di wilayahnya hanya mengemban pendidikan sampai tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP).

“Sebagian masyarakat disini lulusan ada yang SD dan SMP, maka dari itu, kami mengharapkan ada sekolah khusus bagi mereka,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, anggota komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi mengatakan menyikapi adanya problem generasi milenial tentang dunia pendidikan di wilayah tersebut supaya memudahkan dalam mendapatkan pekerjaan kedepannya. Dirinya meminta agar Kepala Desa bisa mendata masyarakatnya yang ingin bersekolah ke jenjang selanjutnya.

Anggota Komisi II DPRD Kalsel, M. Yani Helmi menanggapi aspira masyarakat Desa Sungai Dua (Kanuar) terkait pendidikan penyetaraan.

“Saya menyarankan nanti kepala desa agar didata warganya yang belum memasuki pendidikan ditingkat SMA. Sehingga, apabila datanya sudah lengkap maka bisa kami laporkan ini ke Pemprov Kalsel melalui Disdikbud agar diberikan paket C,” paparnya.

Selaku anggota DPRD Kalsel, lanjut Yani Helmi, Ia merasa prihatin dengan kondisi pendidikan di Desa Sungai Dua (Kanuar). Mengingat, jenjang untuk bisa mengejar dunia usaha dan pekerjaan dituntut bukan hanya pengalaman, akan tetapi, tingkatan pendidikan juga menjadi pertimbangan dibeberapa instansi bahkan perusahaan.

“Ketika masuk dalam dunia kerja ataupun usaha mereka tersisihkan karena tidak memiliki kecukupuannya untuk memenuhi persyaratannya kepada pekerjaan. Bahkan, ada yang hanya lulusan SMP dan juga SD. Kami hanya mencarikan solusi, selaku di DPRD tingkat provinsi,” tegasnya.

Selain itu, Ia juga mengharapkan, lulusan SD juga mesti didata agar bisa direkomendasikan ke tingkat Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) agar dapat diusulkan ke jenjang pendidikan paket B.

“Melalui Disdik Kabupaten Tanbu nantinya untuk tingkat SD ke jenjang SMP,” ucapnya.

Kendati demikian, Yani Helmi yang akrab disapa paman Yani itu menegaskan bahwa DPRD yang dipegangnya saat ini hanya berwenang mengurusi di level provinsi saja.

“Karena wewenang kami hanya di tingkat provinsi, maka pemprov Kalsel hanya bisa membantu di level SMA untuk mendapatkan pendidikan khusus yakni paket C tersebut, sehingga kita tunggu saja bagaimana progresnya dari RT beserta warga dari Desa Sungai Dua (Kanuar) ini,” pungkasnya. (RHS/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.