17 Mei 2021

20 Tahun, Aliran Listrik dan Jalan Mulus Tak Dirasakan Warga Desa Sungai Dua Tajur

2 min read

Anggota Komisi II DPRD Kalsel, M. Yani Helmi saat menyampaikan kegiatan resesnya sekaligus silaturrahmi di Desa Sungai Dua Tajur, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (1/2) siang.

Tanah Bumbu – Sebanyak 194 Kepala Keluarga (KK) di Desa Sungai Dua (Tajur) RT 10, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan belum dimasuki aliran listrik dari PLN. Terlebih, selama 20 tahun dikawasan ini juga tidak tersentuh infrastruktur jalan yang mulus.

Terkait hal itu, anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi mengatakan, meski yang dialami warga di Desa Sungai Dua (Tajur) Tanah Bumbu diakui memang hingga kini adalah persoalan listrik, namun untuk menyikapi agar masalah tersebut bisa tertanggulangi, maka PT PLN rencananya bakal dipanggil dalam pembahasan itu.

Suasana reses di Desa Sungai Dua Tajur, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu.

“Dari dulu memang persoalannya adalah listrik. Kemarin kami pernah ke Kotabaru daratan dan permasalahannya sama. Tempo hari Gubernur Kalsel juga pernah menyampaikan panggil saja Kepala PLN untuk mengkomunikasikan daerah mana saja dipasangi listrik,” ujarnya kepada Abdi Persada FM, setelah melakukan reses di kabupaten Tanah Bumbu, Senin (1/2) siang.

Bahkan, Yani Helmi menyampaikan, untuk saat ini DPRD Kalsel terlebih dahulu harus menschedulekan pertemuan tersebut setelah pelaksanaan pelantikan Gubernur Kalimantan Selatan.

“Memang sampai saat ini belum kami sampaikan kondisi yang sebenarnya, mungkin setelah selesai pelantikan Kepala Daerah baik Gubernur, Wali Kota dan Bupati, baru bisa dijalankan,” ungkapnya.

Selain menyoroti tidak adanya fasilitas listrik, Yani Helmi juga menyebut bahwa infrastruktur jalan juga menjadi perhatian serius dari pemerintah setempat.

“10 tahun lalu hanya bisa dilalui dengan jalan setapak dan kini Alhamdulillah, sudah bisa dilalui mobil. Hal ini perlu juga dipethatikan,” paparnya.

Ketua RT. 10 Desa Sungai Dua Tajur, Ramli.

Sementara itu, Ketua RT. 10 Desa Sungai Dua (Tajur) Ramli mengungkapkan, terhitung sejak 1989 – 2021 para masyarakat yang bermukim di desa yang mayoritas tinggal di wilayah perkebunan sawit itu tidak menikmati listrik.

“Hampir 10 tahun, sejak kami tinggal tidak bisa menikmati listrik,” tegasnya.

Selain akibat tidak memiliki aliran listrik, Ia mengatakan nasib para anak yang mengemban ilmu pendidikan secara daring di sekolahnya ternyata juga menjadi catatan khusus dari dalam permasalahan ini.

“Akibat tidak ada listrik di desa kami ini berimbas pula pada sekolah daring anak-anak. Dimana jarak tempuh sekolah mereka pun ada yang berjarak 5 sampai 7 kilometer,” katanya.

Ramli mengutarakan akses infrastruktur jalan utama yang mulus ternyata juga menjadi keinginan terbesar oleh warga Desa Sungai Dua (Tajur), Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan agar bisa dipenuhi.

“Selama 20 tahun sejak dibangunnya desa ini infrastruktur jalan mulus belum bisa kami nikmati sampai sekarang,” pungkasnya. (RHS/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.