10 Mei 2021

Yani Helmi Sosialisasikan Perda Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di Pelabuhan Tanbu

2 min read

Anggota Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi (tengah) saat mensosialisasikan perda no 13 tahun 2018

TANAH BUMBU – Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Selatan Muhammad Yani Helmi bersama pemerintah provinsi Kalimantan Selatan melalui UPTD pelabuhan perikanan Batulicin, melaksanakan sosialisasi peraturan daerah nomor 13 tahun 2018 tentang rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, Kamis (28/1).

Suasana sosialisasi pelaku usaha kelautan dan perikanan

Sebagaimana yang tertuang dalam pasal 5 pada BAB III perda ini, antara lain mempunyai tujuan untuk mewujudkan keterpaduan pola ruang laut dan darat yang efisien dan berkelanjutan untuk mendukung pengembangan wilayah perdagangan dan jasa berbasis industri maritim. Kemudian melindungi, mengkonservasi, merehabilitasi, memanfaatkan dan memperkaya sumber daya pesisir dan laut serta sistem ekologis nya secara berkelanjutan; serta yang tidak kalah penting tujuan dari perda ini adalah memulihkan dan menjamin hak dan kewajiban masyarakat dalam mengelola sumberdaya wilayah pesisir laut dan pulau-pulau kecil secara berkelanjutan.

“Sosialisasi ini penting dilaksanakan, agar diketahui masyarakat terutama para penggeliat sektor perikanan,” kata pria yang akrab disapa Paman Yani.

Secara garis besar disampaikan Paman Yani, dengan adanya perda ini, masyarakat diharapkan dapat mengerti tentang hak dan kewajiban sebagai pelaku usaha di bidang perikanan.

“Tujuan akhirnya tidak lain agar ekonomi berjalan dengan baik. Berusaha lebih lancar. Pelabuhan beroperasi dengan baik. Harga ikan bagus. BBM murah,” terangnya.

Sementara itu, Plt Kepala Pelabuhan Perikanan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Syarwani mengatakan, dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan segala aktivitas yang ada di pelabuhan perikanan serta sektor perikanan pada umumnya mempunyai arah yang jelas dengan ketentuan yang berlaku.

“Kami sangat berterimakasih kepada Paman Yani selalu anggota DPRD Kalsel yang sudah berkenan membersamai dalam sosialisasi ini, semoga perda ini bisa menjadi perhatian bersama,” ujarnya. (ASC/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.