20 Juni 2021

Akibat Banjir, Pendapatan PD PBB Martapura Berkurang Hingga Ratusan Juta

1 min read

Direktur PD Pasar Bauntung Batuah Martapura, Rusdiansyah

BANJAR – Sejak bulan Desember 2020 lalu, Kabupaten Banjar dilanda bencana banjir yang dinilai berdampak sangat besar di beberapa sektor, salah satunya sektor perdagangan yang hampir lumpuh akibat bencana banjir ini.

Saat diKonfirmasi Reporter Abdi Persada FM pada Jum’at (29/1), Direktur PD Pasar Bauntung Batuah (PBB) Martapura, Rusdiansyah menyampaikan, dengan adanya musibah banjir yang melanda Kabupaten Banjar, maka juga berdampak dengan tutupnya beberapa pasar tradisional naungan pihaknya.

“Berdasarkan data pada Perusahaan Daerah Pasar Bauntung Batuah (PD PBB), terdata sebanyak 11 pasar di Kabupaten ini terdampak banjir. Akibatnya, aktivitas jual beli pedagang beberapa waktu lalu di kawasan pasar lumpuh total,” ucap Rusdiansyah.

Rusdiansyah melanjutkan, dengan tutupnya 11 pasar tradisional akibat banjir yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Banjar, juga berdampak dengan berkurangnya pendapatan PD PBB, sehingga pihaknya kehilangan pendapatan berupa retribusi harian, maupun retribusi parkir yang mencapai ratusan juta rupiah.

“Jadi selama banjir itu lamanya banjir menggenangi pasar kurang lebih 15 hari, maka PD PBB kehilangan pendapatan berupa retribusi harian maupun parkir tidak bisa kita pungut, dan jumlahnya mendekati 1 Milyar Rupiah dalam 15 hari kehilangan pendapatan,” lanjut Rusdiansyah.

Rusdiansyah menambahkan, untuk mempermudah para pedagang di pasar naungannya, mengingat yang paling terdampak akibat banjir adalah pedagang, pihaknya pun akan memberikan kelonggaran berupa tidak dikenakannya denda pembayaran sewa bagi para pedagang disaat musibah banjir ini masih berlangsung. (MRF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.