17 Mei 2021

Kirimkan Bantuan Kemanusiaan, TNI AL Sumbang Truk Dapur Lapangan Untuk Banjir Kalsel

2 min read

Danlanal Banjarmasin (kiri) menyerahkan secara simbolis bantuan kemanusiaan dari TNI AL untuk korban banjir Kalsel, kepada gubernur Kalsel (kanan) pada Kamis (28/01) di pelabuhan Trisakti Banjarmasin

BANJARMASIN – KRI Banda Aceh 593, bersandar di pelabuhan Trisakti Banjarmasin, pada Rabu sore (27/1). Kedatangan kapal perang milik TNI Angkatan Laut (AL) ini, adalah untuk membawa bantuan kemanusiaan dari TNI AL untuk korban banjir di Kalimantan Selatan. Serah terima bantuan itu, dilakukan langsung Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto, yang diserahkan kepada gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, pada Kamis pagi (28/1) di lokasi berlabuhnya KRI Banda Aceh 593 di pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Turut hadir pada acara serah terima bantuan ini, diantaranya Kapolda Kalsel, Danrem 101/Antasari Banjarmasin, Wakil Ketua DPRD Kalsel, pj Sekdaprov Kalsel dan juga walikota Banjarmasin Ibnu Sina.

Kepada wartawan, usai menerima bantuan kemanusiaan dari TNI AL, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan, dirinya mewakili masyarakat Kalsel, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang sudah memberikan perhatian besar untuk bencana banjir di Kalsel.

“Kami merasa bangga, bahwa TNI dari seluruh angkatannya, sudah memberikan perhatian untuk korban banjir di Kalsel. Kita harapkan, bantuan ini membawa manfaat bagi para korban. Terutama truk dapur lapangan ini, yang dapat memenuhi kebutuhan makan para pengungsi ataupun korban banjir, yang masih belum dapat beraktivitas memasak sendiri,” urai lelaki yang biasa disapa Paman Burung tersebut.

Sementara itu, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto mengatakan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya pemanfaatan bantuan ini, kepada BPBD provinsi. Karena pihak BPBD, yang lebih mengetahui titik atau lokasi mana saja yang masih memerlukan bantuan.

“Terutama untuk truk dapur lapangan ini. Kita serahkan sepenuhnya kepada BPBD dimana titik penempatannya. Kita memberikan 2 unit truk dapur lapangan ini, yang merupakan bantuan dari TNI Angkatan Udara dan Marinir TNI Angkatan Laut. Setiap unit truk ini, terdiri dari 15 personil yang mampu memasak sebanyak 500 porsi makanan, dalam 3 jam,” jelasnya.

Selain memberikan 2 unit truk dapur lapangan, TNI AL juga memberikan bantuan berupa ribuan paket sembako, ribuan dus air mineral, mie instan dan juga ratusan paket kasur gulung. Selain itu, sejak hari-hari pertama bencana banjir terjadi, tercatat 230 personil TNI AL sudah terjun langsung membantu korban banjir di Kalsel. (RIW/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.