17 Mei 2021

Ini Bukti Komitmen Pemko Banjarbaru Tangani Korban Banjir

2 min read

BPBD kota Banjarbaru Fasilitasi pengantaran pengungsi yang ingin kembali ke rumahnya, Minggu (24/1/2021)

BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru berkomitmen kuat untuk membantu penanganan korban terdampak banjir yang berada di pengungsian se-Kota Banjarbaru. Hal ini ditegaskan Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah dalam keterangan persnya, Minggu malam (24/1).

Disampaikan Said, pihaknya terus menangani persoalan banjir yang dampaknya masih dirasakan hingga kini.

“Kami perhatikan betul, mulai dari ketersediaan penyiapan posko pengungsian, dapur umum, hingga jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat terdampak banjir yang berada di posko posko se Kota Banjarbaru,” ucapnya.

Komitmen ini menurut Said, ditandai pula dengan diadakannya Posko Induk yang terdapat di Kantor Sekretariat Kota Banjarbaru.

“Posko ini ditujukan untuk memonitoring bantuan di setiap posko yang ada di Kota Banjarbaru untuk pemerataan pendistribusian di setiap posko,” jelasnya lagi.

Lebih lanjut disampaikan Said, posko induk ini sebagai pusat kendali segala kegiatan yang berkaitan dengan musibah banjir yang melanda provinsi Kalimantan Selatan, mulai perekapan jumlah pengungsi, sebaran pengungsi dan kebutuhan yang diperlukan oleh para pengungsi.

“Mereka adalah saudara kita, dari sisi kemanusiaan kita harus berbuat terbaik untuk mengatasi masalah ini bersama sama. Dengan kesatuan gerak, maka diharapkan tindakan yang diambil akan lebih tepat cepat dan sesuai dengan kondisi lapangan,” tegas Said.

Ditempat terpisah, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kota Banjarbaru Zaini Syahranie menyampaikan, sudah ada beberapa korban terdampak banjir di posko-posko se Kota Banjarbaru yang kondisi rumahnya sudah normal minta diantarkan pulang.

“Dalam hal ini BPBD Kota Banjarbaru memberikan pelayanan dengan mengantar para pengungsi ke rumahnya masing masing. Apabila ada laporan petugas yang berjaga di posko di setiap kelurahan, maka BPBD akan melaksakan pelayanan sepenuh hati dan akan berusaha memberikan yang terbaik,” jelas Zaini.        

Bukan hanya itu, sebagai upaya preventif berkembangnya penyakit di pengungsian, dinas kesehatan kota inipun telah melaksanakan pemeriksaan kepada pengungsi secara berkala.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru Rizana Mirza juga menyampaikan, kondisi pengungsi yang ada di posko-posko se-Kota Banjarbaru, secara umum dalam kondisi sehat dan tercukupi kebutuhan kesehatannya.

“Beberapa waktu lalu petugas kami didampingi oleh rombongan dinas kesehatan Tanah Bumbu melakukan pengecekkan di setiap posko yang ada di kota Banjarbaru. Pelayanan serta pemeriksaan kesehatan terhadap korban terdampak banjir yang terdapat di posko-posko menjadi tujuan utama rombongan tersebut,” ujarnya.

Dipastikan Rizana pula, ada beberapa masyarakat yang berada di pengungsian yang terindikasi mempunyai riwayat penyakit atau kondisi kesehatannya memerlukan penanganan lebih lanjut akan terus di monitor oleh pihaknya.

Untuk diketahui pula, sebagai wujud layanan lebih lanjut dari Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Rumah Sakit Daerah Idaman (RSDI)  Kota Banjarbaru, pihaknya siap memberikan pelayanan kesehatan kepada pengungsi yang mengalami gangguan kesehatan secara gratis dengan mempermudah pelayanan tanpa mengharuskan kartu BPJS. (HUMPRO.BJB-RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.