15 Mei 2021

Warga Semangat Dalam Terdampak Banjir, Keluhkan Gatal-Gatal dan Kelelahan

2 min read

Suasana kegiatan bakti sosial RSUD Anshari Saleh di Desa Semangat Dalam Kabupaten Batola

BANJARMASIN – Sejumlah warga terdampak banjir di desa Semangat Dalam Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala mengeluhkan gatal-gatal akibat terendam air banjir dalam waktu yang lama. Hal itu disampaikan Direktur RSUD Dr H Moch Ansari Saleh, dr. Izaak Zoelkarnain kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

“Saat dibuka pada Minggu (17/1), ada ratusan warga di Desa Semangat Dalam yang dilayani di posko kesehatan yang didirikan RSUD Anshari Saleh. Kebanyakan mereka keluhannya gatal-gatal dan kelelahan berjalan jauh karena kendaraan bermotornya tidak bisa dipakai. Ada dua dokter di posko tersebut,” katanya.

Menurut Izaak, di beberapa titik di lokasi tersebut genangan air sempat mencapai tinggi lutut orang dewasa.

Melihat cukup banyak warga yang rumahnya terendam dan mencoba mengungsi, RSUD Ansari Saleh juga mengerahkan dua unit ambulan untuk membantu mengevakuasi warga ke lokasi yang tidak terendam.

Selain itu, Izaak juga bersama jajaran menyerahkan langsung bantuan kepada masyarakat di kawasan tersebut berupa nasi bungkus, mie instan, air mineral, makanan dan susu bayi serta bahan pokok lainnya.

Izaak menjelaskan aktivitas bakti sosial RSUD Ansari Saleh sengaja dilaksanakan di kawasan Desa Semangat Dalam karena menjadi wilayah yang juga terdampak tak jauh dari lokasi rumah sakit tersebut.

“Ini bentuk kepedulian kami, lalu kami memang membantu dulu di wilayah yang juga terdampak dekat dengan rumah sakit dan padat penduduknya,” jelasnya.

Sedangkan terkait pelayanan di RSUD Ansari Saleh kata dia berjalan normal seperti biasa.

Naiknya genangan air di sejumlah titik di Kota Banjarmasin menurut Izaak tak sampai menggenangi kawasan RSUD Ansari Saleh.

“Rumah Sakit tidak ada genangan, parkiran juga tidak. Jalan di depan RSUD kami, juga tidak ada genangan. Jadi pelayanan jalan seperti biasa,” kata Izaak. (NRH/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.