17 Mei 2021

Satgas Kebersihan, Gelar Aksi Bersih di Sundai

2 min read

Aksi bersih bersih

BANJARMASIN – Satuan kebersihan gabungan 6 rukun tetangga (RT) Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara menggelar kegiatan bersih sungai.

Menurut Sekretaris Lurah Sungai Andai Nur Inayah kepada wartawan, Rabu pagi (20/01), kegiatan aksi bersih-bersih sungai ini  diikuti ratusan warga gabungan dari enam RT yaitu RT 27, 28, 29, 30, 31 dan 45,   dengan harapan sebagai langkah utama agar air cepat surut, apalagi sudah satu minggu rumah warga terendam air, mereka menebas rumput dan mengumpulkan sampah di pinggir sungai, setelah dikumpulkan bekas rumput yang ditebas dan sampah, diangkut mobil Dinas Lingkungan Hidup untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah(TPS) Basirih.

Sekretaris Lurah Sungai Andai Nur Inayah

“Kami upayakan kegiatan bersih sungai, akan terus digelar, untuk mengantisipasi kedepan, agar tidak lagi terendam air di rumah-rumah warga,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Satgas Kebersihan Banjarmasin Utara Basuki, dikatakannya pihaknya akan terus menjalin koordinasi dan saling berkomunikasi, dengan Ketua Dewan Kelurahan Sungai Andai, para ketua RT, tim satgas serta Pemerintah Kota Banjarmasin, mengingat banjir kali ini terjadi cukup parah, setelah bermukim selama hampir 16 tahun.

Ketua Satgas Kebersihan Banjarmasin Utara Basuki

“Kita laksanakan kegiatan bersih-bersih di Jalan Sungai Andai depan RT 27, dimulai  pagi jam 07.00 WITA hingga 10.00 WITA,” katanya.

Sementara itu Ketua Dewan Kelurahan Sungai Andai, Suriansyah mengatakan, kejadian banjir ini, akan disinergikan dalam pembenahan lebih baik lagi, supaya tidak terulang dikemudian hari, dan tentu didukung penuh semua lapisan masyarakat.

Ketua Dewan Kelurahan Sungai Andai, Suriansyah

Seperti diketahui, akibat curah hujan tinggi dan naiknya debit air sungai sejak Kamis 14 Januari 2021, hampir semua wilayah Kalimantan Selatan mengalami banjir, salah satunya Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara, dari 69 RT dikawasan ini terendam banjir, sebagian besar warga mengungsi ketempat yang tinggi, seperti  di masjid hingga ke taman pendidikan Alquran yang terdekat,  selain itu akibat banjir itu, membatasi warga dalam beraktifitas keluar rumah. (NHF/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.