6 Mei 2021

Pemprov Kalsel Salurkan Ratusan Ton CPP Bagi Warga Terdampak Banjir

2 min read

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kalimantan Selatan, Suparno.

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kalimantan Selatan berhasil menyalurkan 115,7 ton cadangan pangan pemerintah (CPP) untuk masyarakat terdampak banjir di 5 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalimantan Selatan, Suparno mengatakan, dari 5 kabupaten/kota yang berhasil mendapatkan bantuan bahkan sepenuhnya telah disalurkan itu, meliputi Banjarbaru, Banjar, Tanah Laut (Tala), Barito Kuala (Batola) dan Hulu Sungai Tengah (HST).

“Jadi, kaitannya dengan tanggap darurat bencana banjir ini, kabupaten Banjar kami telah menyalurkan beras sekitar 40 ton, Banjarbaru 1,5 ton, HST 50 ton, Batola 4,2 ton dan Tala sebanyak 14,2 ton,” ungkapnya kepada Abdi Persada FM, Rabu (20/1) siang.

Kelima wilayah yang mendapatkan bantuan tersebut, sambung Suparno, merupakan Cadangan Beras Pemerintah atau CBP, baik dari masing-masing di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang disimpan di gudang Bolug.

“Selain CPP, ada pula namanya itu Cadangan Beras Pemerintah atau CBP yang khusus di provinsi itu stoknya ada 200 ton, dan kabupaten/kota masing-masing dijatahi sekitar 100 ton. Yang sudah dikeluarkan terkait tanggap bencana darurat banjir ini sepenuhnya telah tersalurkan kelima wilayah tersebut,” jelasnya.

Meski ketersediaan beras berhasil disuplai, Suparno memaparkan, melalui Cadangan Pangan Pemerintah atau CPP. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan juga masih menyimpan stok pangan lainnya sebanyak 435 ton dan tersalurkan sekitar 7 ton.

“Sekitar 3 ton disalurkan ke Kabupaten Tanah Laut, dan 3 ton lagi itu dibagi ke dapur-dapur umum di Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru, sisanya untuk 1 ton ke dapur umum BPBD jadi totalnya itu sebanyak 7 ton,” bebernya.

Bahkan, Ia mengungkapkan, bantuan pangan yang diberikan hingga penyaluran untuk warga yang tedampak musibah banjir tersebut, pihaknya selalu siap 24 jam dalam memberikan pelayanan.

“Selain menyediakan ketersediaan pangan bagi warga terdampak bencana banjir, kami juga bersinergi dengan BPBD, Dinas Sosial, TNI hingga Bolug yang kaitannya dalam penyaluran beras serta cadangan pangan lainnya, baik dipengungsian maupun dibagi-bagikan ke masing-masing warga,” pungkasnya. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.