3 Maret 2021

Untuk Pemerataan Bantuan Banjir, Pemko Banjarbaru Bentuk Posko Induk

2 min read

Sekdako Banjarbaru (rompi BPBD) saat meninjau pengungsi di salah satu posko di Banjarbaru

BANJARBARU – Untuk mengantisipasi kekurangan dan kelebihan bantuan logistik di posko-posko yang tersebar di lima kecamatan di kota Banjarbaru, serta mengkoordinir penyaluran bantuan agar tepat sasaran, pemerintah kota Banjarbaru kini telah membentuk posko induk peduli banjir yang berlokasi di balaikota, tepatnya di aula Trisakti setdako Banjarbaru.

Dalam video rilisnya, Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah menyampaikan, posko ini dibentuk karena banyaknya pengungsi akibat bencana banjir yang bukan hanya berasal dari penduduk asli kota ini tapi juga dari kabupaten tetangga, sehingga Pemerintah Kota Banjarbaru secara khusus membentuk posko Induk Peduli Banjir untuk pemerataan bantuan logistik seluruh pengungsi.

“Sehubungan dengan telah terjadinya musibah banjir di Kalimantan Selatan termasuk kota Banjarbaru, kami informasikan bahwa telah terjadi pengungsian dari warga Banjarbaru ke tempat yang lebih tinggi dan lebih baik. Dan juga sekarang kota Banjarbaru menghadapi pengusian yang besar dari daerah sekitar kabupaten tetangga. Telah dibentuk beberapa posko di kota Banjarbaru, namun dalam perjalanannya ada posko yang kekurangan logistik dan ada juga posko yang kelebihan logistik. Untuk itu, kami pemerintah kota Banjarbaru telah membentuk posko induk di sekretariat daerah kota Banjarbaru,” paparnya.

Tugas dari posko induk ini dijelaskan Said adalah untuk mendata semua posko-posko.

“Ada posko-posko yang kekurangan logistik, adapula posko yang kelebihan logistik. Terhadap posko yang kelebihan, kami akan tarik logistiknya untuk didistribusikan kepada posko yang kekurangan. Dan sisanya akan kami tutup kekurangannya dari posko induk,” jelas Said.

Tugas lain dari posko induk ini adalah menjemput para ibu dan bayi, serta lansia untuk selanjutnya ditempatkan di LPMP Banjarbaru.

“Karena bayi memerlukan bantuan dan kebutuhan yang khusus. Begitu juga lansia mereka perlu istirahat yang cukup, serta perlu adanya beberapa pendampingan. Sehingga untuk memudahkan tugas itu, maka kami pusatkan di satu tempat,” jelasnya lagi.

Diakhir video rilisnya yang berdurasi kurang lebih 2 menit tersebut berharap, dengan terbentuknya posko induk ini, semua yang dikerjakan terkoordinir.

“Bagi masyarakat yang ingin memberikan bantuan untuk korban banjir, dapat langsung menghubungi posko induk ini. Kita juga selalu berdo’a semoga banjir ini segera berakhir,” tutupnya. (RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.