6 Mei 2021

Tinjau Banjir HST, Forkopimda Kalsel Bawa Bantuan Sembako Presiden

2 min read

Gubernur Kalsel saat memberikan keterangan kepada wartawan Selasa (19/01)

BANJARBARU – Sekitar jam 10.00 WITA, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, bersama jajaran Forkopimda Kalsel, melakukan pemantauan kondisi banjir dari udara. Pemantauan dilakukan hingga ke kawasan Banua Enam, terutama ke kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), yang menjadi salah satu daerah terparah mengalami banjir diawal tahun 2021 ini. Tak hanya memantau dari udara, gubernur bersama Forkopimda Kalsel, yang diantaranya terdiri dari danrem 101/Antasari Banjarmasin dan ketua DPRD Kalsel inipun, mengantarkan langsung bantuan bagi korban banjir di kabupaten HST. Selanjutnya rombongan kembali menaiki helikopter Basarnas, untuk kembali ke Banjarbaru, dan mendarat di bandara Syamsudin Noor sekitar jam 13.30 WITA.

Kepada wartawan, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor memastikan, kondisi banjir di HST, khususnya kota Barabai, sudah surut. Dan masyarakat pun kembali beraktivitas secara normal.

“Kita lihat masyarakat mulai bergotong royong membersihkan sampah pasca banjir, dan bersama-sama saling bahu membahu, menolong korban banjir. Saat ini masih banyak daerah lainnya yang masih mengalami banjir, dan kita akan fokus menanganinya. Kita harapkan, banjir di kabupaten kota lain, segera surut, dan penanganan pasca bencana dapat dilaksanakan,” jelas gubernur kepada wartawan yang menemuinya di VVIP bandara Syamsudin Noor pada Selasa (19/1).

Sementara itu, Danrem 101/Antasari Banjarmasin sekaligus ketua harian satgas penanganan banjir Kalsel Firmansyah memastikan, dengan kehadiran kepala daerah ini ke kabupaten HST, menjadi bukti bahwa negara hadir ditengah masyarakat, saat kondisi bencana terjadi.

“Saat ini kita fokus pada dampak banjir di HST, menyusul kondisi air yang sudah surut. Dan berdasarkan pantauan dari udara tadi, kita jadi lebih fokus, mana lagi yang harus kita tangani lebih serius. Seperti kabupaten Banjar, yang sampai saat ini, masih dikepung banjir, begitu juga kota Banjarmasin,” ujarnya.

Lebih jauh Firmansyah meminta masyarakat menghentikan aksi saling menyalahkan, terkait kondisi bencana yang terjadi saat ini di Kalsel. Ia berharap, masyarakat dapat bahu membahu membantu korban banjir.

“Kalaupun kita tidak dapat memberikan bantuan dalam bentuk tenaga ataupun barang, setidaknya dapat memberikan saran terbaik untuk penanganan korban banjir, minimal dengan memberikan doa”, tutupnya.

Pada Selasa (19/1), setidaknya ada 1.000 paket sembako yang disalurkan rombongan gubernur dan Forkopimda Kalsel untuk korban banjir HST. Termasuk didalamnya paket sembako bantuan presiden – Joko Widodo. Selain itu, diberikan pula 1 perahu karet dan juga uang bantuan dari BNPB serta pemprov Kalsel sebesar total 1 miliar rupiah. (RIW/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.